√  Teks Berita : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

√  Teks Berita : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap

 

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang teks berita . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Teks Berita : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap
√ Teks Berita : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap

 

 


Pengertian Teks Berita

 

Teks Berita Ialah sebuah teks yang berisi tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia yang disebarkan melalui berbagai media seperti radio, televisi, internet, situs web, maupun media yang lainnya.

Dengan rajin membaca teks berita, kita akan mendapatkan informasi-informasi penting yang dapat menambah wawasan sehingga bisa menjadikan kita berfikir secara kreatif, kritis, dan efektif terhadap suatu hal.

Suatu peristiwa dapat bertahan selama beberapa jam, hari, bahkan tahun. Tergantung seberapa hangat berita tersebut diperbincangkan oleh orang-orang.


 

Ciri – Ciri Teks Berita

 

  • Yang diberitakan merupakan sesuatu yang benar terjadi, bukan opini atau gagasan penulis
  • Merupakan peristiwa yang jarang terjadi, bukan sesuatu yang biasanya terjadi setiap hari
  • Aktual, yakni peristiwa yang diberitakan masih hangat atau baru terjadi, bukan peristiwa yang sudah lewat
  • Data yang disajikan sesuai dengan peristiwa asli, tidak ada rekayasa
  • Bahasa yang digunakan menarik dan dapat memikat minat pembaca
  • Data yang diberitakan lengkap, khususnya data penting
  • Waktu dan tempat peristiwa yang jelas
  • Bahasa mudah dipahami
  • Bersifat objektif
  • Alur peristiwa berurutan
  • Kalimat yang digunakan singkat, padat, jelas
  • Sumber valid dan bisa dipertanggungjawabkan
  • Judul berita bisa mewakili isi berita

 

Jenis – Jenis Teks Berita

 

  • Straight news ialah Berita langsung apa adanya. di tulis secara singkat dan lugas.
  • Depth news ialah Berita mendalam di kembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan.
  • Investigation news ialah Berita yang di kembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber.
  • Interpretative news ialah Berita yang di kembangkan dengan pendapat atau penilaian penulisnya atau reporter.
  • Opinion news ialah Berita mengenai pendapat seseorang seperti tokoh, ahli, cendekiawan mengebai sesuatu.

 


 

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

 

  • Penggunaan kalimat langsung: kalimat langsung ditandai dengan dua tanda petik ganda dan juga disertai keterangan.
  • Penggunaan bahasa yang baku supaya memudahkan pemahaman banyak orang karena sifatnya universal.
  • Penggunaan kata kerja mental: menunjukkan respon atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan.
  • Penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat: Ini harus ada pada berita, agar berita yang disampaikan menjadi jelas dan mudah dimengerti.
  • Penggunaan konjungsi temporal: Misalnya setelah, kemudian, sejak, awalnya, akhirnya. Konjungsi ini umumnya ditemukan pada struktur yang menjelaskan berita secara kronologis/urutan waktu.

 


 

Struktur Teks Berita

 

  • Orientasi Berita yaitu berisi pembuka dari peristiwa yang diberitakan di teks tersebut. Umumnya tertera penjelasan singkat mengenai berita yang sedang dibahas.
  • Peristiwa yaitu berisi tentang proses kejadian dari awal sampai akhir berdasarkan peristiwa yang terjadi dan menjelaskan berdasarkan fakta yang ada.
  • Sumber Berita yaitu dari mana asal sumber berita tersebut muncul. Sumber berita tidak selamanya ditulis dibagian akhir berita.

 


 

Syarat – Syarat Teks Berita

 

  • Significance (penting): kejadian yang dijadikan berita sangat mungkin memengaruhi orang banyak.
  • Magnitude (besar): berita harus merupakan kejadian besar atau fakta yang menyangkut angka dalam jumlah besar.
  • Timeliness (waktu): peristiwa hari ini lebih layak dijadikan beita daripada peristiwa yang terjadi minggu lalu.
  • Proximity (kedekatan): berita haruslah dekat dengan pembaca.
  • Prominence (terkenal): berita harus menyangkut semua hal, baik manusia, tempat, maupun kegiatan yang dikenal oleh masyarakat.
  • Human interest (manusiawi): peristiwa yang diberitakan dapat memberi sentuhan perasaan bagi pembaca.

 

Sifat – Sifat Berita

 

  • Terjadwal

Berita terjadwal, yakni berita-berita yang sudah dijadwalkan pada waktu tertentu. Artinya berita yang akan ditulis ini sudah direncanakan sebelumnya. Perencanaan memegan peran penting dalam liputan berita. Untuk itu koordinasi elemen dalam redaksi sangat penting untuk keberhasilan berita.

 

  • Insidentil

Berita insidentil, yakni berita-berita yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga sama sekali. sama seperti berita yang terjadwal, peliputan dan penulisan berita ini juga memerlukan koordinasi setiap elemen dalam redaksi. Hanya saja harus lebih tanggap dan cepat.

 

 


Contoh Teks Berita

 

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Soal Bocor, UN Diulang???

Bocornya soal ujian nasional untuk tingkat SMP yang dilaksanakan pada Rabu, 23 April 2015 merupakan berita besar untuk pelaksanaan ujian tahun ini. Menteri Pendidikan, Anies Baswedan menyatakan bahwa pelaku yang membocorkan soal ujian telah diselidiki. Ia juga memaparkan bahwa pelaku pembocoran akan diproses hukum sesuai pasal yang berlaku.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud, telah ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang diunggah ke dalam internet adalah ilegal.

Setelah mendapat laporan tersebut, Menteri Pendidikan lekas melakukan koordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi guna memblokir tautan di Google yang berisi konten ilegal tersebut. Kerjasama pun dilakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblokiran konten tersebut.

Diduga kebocoran soal UN ini melibatkan oknum dari pihak percetakan negara yang sudah ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui siapa pihak sebenarnya dibalik peristiwa ini.

Bocornya soal ujian nasional ini masih menjadi bahan pertimbangan Menteri pendidikan untuk melakukan kembali ujian ulang atau tidak. Akan tetapi kemungkinan besarnya adalah ujian tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan yang menyangkut tentang besarnya nilai biaya pembuatan soal.


Contoh Teks Berita Tentang Politik

Persaingan Pencalonan Gubernur DKI Jakarta Semakin Memanas

Tinggal menghitung bulan, Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia akan memilih wakil rakyat yakni Gubernur baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang masa baktinya akan habis.

Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas, sebab akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent. Beberapa pacalon Gubernur Jakarta diantaranya ialah Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa kita kenal dengan pak Ahok kini juga akan kembali mendaftar sebagai calon Gubernur Jakarta.

Anies Baswedan yang sebelumnya sudah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan juga ada Agus Harimurti Yudhoyono yang sebelumnya telah mengabdi sebagai TNI.

Persaingan di antara ketiganya akan berjalan sengit karena semuanya datang golongan orang yang berprestasi. Selain itu, perang gagasan dan visi misi juga sudah bertebaran di media masa. Untuk itu, kita tunggu saja siapa yang menjuarai pesta demokrasi periode 2017-2022 mendatang.


Contoh Teks Berita Tentang Kesehatan

Pasien Flu Burung Dijauhi Warga

Keluarga pasien flu burung mengeluhkan perlakuan yang mereka terima dari lingkungan sekitar tempat mereka tinggal. Meski dokter menyatakan mereka negatif flu burung, warga sekitar tetap enggan berdekatan atau mengajak bicara.

Salah satu korban perlakuan tersebut adalah keluarga almarhum Ny. Riah. Pekan lalu, Ny. Riah meninggal akibat flu burung. Saat ini, Arif, anak Ny. Riah, masih dirawat karena positif flu burung.

”Sedih sekali. Waktu tahlilan meninggalnya kakak saya, yang datang cuma empat orang. Yang lain takut ketularan, katanya,” ujar Supriyanto, adik Ny. Riah, Kamis (18/1).

Supriyanto juga mengatakan, sekarang tetangga enggan lewat di depan rumah keluarga itu. Ia juga mengkhawatirkan kondisi Yusuf, suami Ny. Riah, yang sudah diperbolehkan pulang.

”Mereka tidak berpikir, bagaimana rasanya istri meninggal dan anak sedang sakit,” jelasnya.

Ia hanya dapat berharap dinas kesehatan lebih sering menjelaskan pada masyarakat bahwa pasien yang sudah negatif flu burung tidak berbahaya untuk didekati.


Contoh Teks Berita Tentang Bencana Alam

Longsor Kembali Hantui Warga Garut

Sejumlah titik longsor bermunculan di Kabupaten Garut Jawa Barat usai hujan melanda di daerah tersebut yang berlangsung selama hampir 1 minggu.

Di Desa Cigedogan Desa Mekarjaya Garut contohnya, tebing setinggi 10 meter diinfomasikan runtuh dan menutup akses transportasi dari Kecamatan Bungbulang menuju Kecamatan Caringin.

Beruntungnya dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Akan tetapi material berupa tanah dan batuan setebal 3 meter menutupi akses jalan sepanjang 10 meter.

“Kami bersama warga sedang mengupayakan agar kendaraan roda dua bisa lewat jalur tersebut, sementara menunggu alat berat yang datang dari Provinsi Jabar,” ujar Camat Bungbulang Heri Hermawan, pada Senin, 29 Mei 2017.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Imat menambahkan bencana longsor juga menimpa akses transportasi di jalur Kecamatan Cikajang. Di mana ada 3 kecamatan, yaitu Banjarwangi, Singajaya dan Peundeuy yang sekarang terputus.

“Masyarakat masih berupaya membersihkan material tanah yang menutupi badan jalan,” ujarnya.

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai teks berita . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Teks Berita : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Teks Diskusi : Pengertian , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap
Baca Juga  √ Karangan Argumentasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan & Contohnya Lengkap
Baca Juga  Pengertian Poster , Ciri - Ciri , Tujuan dan Jenis Terlengkap
Baca Juga  √ Kalimat Baku : Pengertian , Ciri , Syarat dan Contohnya Lengkap
Baca Juga  Pengertian Dongeng , Ciri-Ciri , Jenis , Unsur Secara Lengkap