Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id. Kali ini kita akan membahas tentang metode wawancara secara lengkap. Simak bahasan nya dibawah ini ya.
Pengertian Wawancara
Wawancara ialah suatu kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh pewawancara sebagai penannya dan narasumber berperan sebagai orang yang ditanya. Kegiatan ini dilakukan untuk mencari informasi, meminta keterangan, atau menanyai pendapat tentang suatu permasalahan kepada seseorang. Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwa wawancara adalah kegiatan menggali informasi dari narasumber dengan cara tanya jawab.
Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli
- Robert Kahn dan Channel
Wawancara ialah sebuah pola khusus dari sebuah hubungan/interaksi yang dimulai dengan lisan untuk tujuan tertentu dan juga ditujukan pada daerah konten yang spesifik dengan proses eliminasi dari bahan yang tidak ada hubungannya secara berkelanjutan.
- Charles Stewart dan W.B. Cash
Wawancara ialah proses interaksi dengan sebuah tujuan serius yang memiliki maksud dan tujuan untuk bertukar perilaku dan melibatkan aktivitas tanya jawab.
- Arikunto
Wawancara ialah dialog yang dilakukan pewawancara untuk mendapatkan informasi dari terwawancara.
- Lexy J. Moleong
Wawancara ialah sebuah percakapan dengan tujuan-tujuan yang tertentu. Pada metode ini peneliti dan responden berhadapan langsung (face to face) untuk mendapatkan informasi secara lisan dengan tujuan mendapatkan data yang dapat menjelaskan permasalahan penelitian.
- Denzig
Wawancara ialah suatu kegiatan yang dipandu dan rekaman pembicaraan atau tatap muka suatu percakapan, di mana seseorang mendapat informasi dari orang lain
- Sugiyono
Wawancara ialah suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan secara terstruktur maupun tidak terstruktur dan dapat dilakukan melalui tatap muka maupun dengan menggunakan jaringan telepon.
Tujuan Metode Wawancara
- Menghasilkan data diri dari narasumber (informan), sehingga data yang didapat lebih tepat dan akan lebih akurat.
- Untuk melengkapi beberapa pengumpulan data dari teknik lainnya
- Untuk menguji hasil data yang sebelumnya sudah terkumpul.
Kelebihan dan Kekurangan dalam Metode Wawancara
Kelebihan metode wawancara
- Peneliti dapat menggali informasi dan infonman secara lebih mendalam dan berkualitas.
- Peneliti dapat mengembangkan pertanyaan sesuai situasi terbaru.
- Peneliti bisa memperoleh informasi khusus yang sering luput dan perhatian.
- Dapat digunakan untuk semua tingkat pendidikan.
Kekurangan Metode Wawancara
- Membutuhkan banyak waktu dan tenaga baik dan peneliti maupun informan.
- Keberhasilan proses wawancana bergantung kepandaian peneliti dalam menggali informasi yang diperlukan.
- lnterpretasi peneliti bisa terpengaruh oleh informan sehingga tidak objektif.
Jenis – Jenis Wawancara
- Wawancara Individual
Wawancara yang dilakukan oleh seorang pewawancara dengan seorang narasumber atau responden.
- Wawancara Konferensi
1.) Wawancara yang dilakukan oleh seorang pewawancara kepada sejumlah narasumber dalam satu tempat dan satu waktu secara bersamaan.
2.) Wawancara yang dilakukan oleh sejumlah pewawancara kepada seorang narasumber dalam tempat dan waktu yang bersamaan.
- Wawancara Bebas
Wawancara yang tidak berpedoman pada daftar pertanyaan.
- Wawancara Terstruktur
Wawancara yang dilaksanakan secara terencana dengan berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
- Wawancara Tidak Terstruktur
Wawancara yang tidak berpedoman pada daftar pertanyaan.
- Wawancara Terbuka
Wawancara berdasarkan pertanyaan yang tidak terbatas/ tidak terikat jawabannya.
- Wawancara Tertutup
Wawancara berdasarkan pertanyaan yang terikat/ terbatas jawabannya.
Metode dalam Wawancara
- Mencatat
Metode yang pertama adalah mencatat. Para pewawancara biasanya menyiapkan buku dan pulpen untuk mencatat jawaban – jawaban dari narasumber.
- Merekam / Recording
Metode selanjutnya adalah merekam. Pewawancara membutuhkan suatu alat yang berupa perekam suara. Alat ini digunakan untuk merekam jawaban – jawaban yang diberikan oleh narasumber, sehingga mereka tidak akan kehilangan informasi sedikitpun
Petunjuk dalam Melakukan Wawancara
- Interview harus mengenalkan dirinya terlebih dahulu kepada interveiwer baik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.
- Memberitahu tujuan mengapa melakukan wawancara, misalnya dengan tujuan kepentingan pendidikan dan lainnya. Namun, lain halnya jika wawancara pelamaran kerja, maka yang harus mengenalkan diri adalah si pelamar kerja atau yang diwawancarai.
- Wawancara harus menciptakan suasana yang baik, seperti saling menghormati, mempercayai kerjasama dan menggunakan bahasa yang baik saat wawancara.
- Usahakan untuk menciptakan suasana yang santai sehingga proses wawancara akan terasa sangat nyaman.
- Dalam proses wawancara yaitu pada saat pengambilan informasi, pewawancara harus terampil dalam memberikan atau mengajukan pertanyaan kepada narasumber (informan), sehingga ketika proses wawancara nantinya tidak terbelit-belit. Jadi, usahakan untuk menyusun pertanyaan terlebih dahulu.
Contoh format Laporan Hasil Wawancara
Laporan Hasil Wawancara
Topik : ……………………….
Narasumber : …………………….(nama dan profil sekilas)
Waktu : ……………………….
Tempat : ……………………….
Hasil wawancara
Judul
Kalimat-kalimat pengantar sesuai topik
Pertanyaan 1
Jawaban
Pertanyaan 2
Jawaban
Demikian bahasan kita mengenai metode wawancara . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Pengertian Wawancara : Tujuan, Jenis, metode, Kelemahan, Kelebihan & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂
Baca Juga Artikel
- √ Pengertian Artikel : Ciri, Jenis, Tujuan & Manfaatnya Lengkap
- √ Pengertian Pengumuman : Ciri, Unsur, Cara, Jenis, Syarat, Pokok & Contohnya Lengkap
- √ Kata Pengantar : Pengertian, Fungsi, Unsur, Cara & Contohnya Lengkap
- √ Pengertian Laporan : Ciri, Jenis, Manfaat, Fungsi, Struktur & Contohnya Lengkap
- √ Pengertian Definisi : Ciri, Syarat, Tujuan, Jenis & Tekniknya Lengkap