√ Difusi Terfasilitasi : Pengertian, Faktor dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Difusi Terfasilitasi : Pengertian, Faktor dan Contohnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang difusi terfasilitasi. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

√ Difusi Terfasilitasi : Pengertian, Faktor dan Contohnya Lengkap
√ Difusi Terfasilitasi : Pengertian, Faktor dan Contohnya Lengkap

 


 

Pengertian Difusi Terfasilitasi

 

Difusi yang terfasilitasi merupakan suatu pengangkutan zat melintasi membran biologis melewati gradien konsentrasi melalui suatu molekul pembawa. Selama difusi terfasilitasi, ion besar dan molekul polar dilarutkan dalam air dan secaraisitimewa dan pasif diangkut melewaati membran sel. Ion polar berdifusi melalui protein saluran transmembran dan molekul besar berdifusi melalui protein pembawa transmembran.

Protein saluran membuat terowongan hidrofobik melewati membran, memungkinkan molekul hidrofobik yang sudah dipilih untuk melewati membran. Beberapa protein saluran ‘dibuka’ di sepanjang waktu dan beberapa protein seperti saluran ion ‘terjaga’. Protein pengangkut  seperti permutasi mengubah konformasi mereka sebagai molekul seperti glukosa atau asam amino dibawa melalui mereka. Aquaporin adalah jenis lain dari protein transpor yang memungkinkan air untuk menyeberangi membran dengan cepat.

 


 

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Difusi Terfasilitasi

 

Dikarenakan difusi yang difasilitasi ialah mekanisme transportasi pasif, ia dikelola oleh faktor-faktor di lingkungan terdekat di mana transportasi berlangsung. Berikut 4 faktor tersebut :

 

  • Konsentrasi

Difusi difasilitasi bergantung pada energi potensial yang diwakili dengan gradien konsentrasi. Perbedaan yang lebih besar antara sisi konsentrasi tinggi serta rendah , itu berarti gradien yang lebih tinggi dan difusi lebih cepat.

Baca Juga  √ Hidung : Pengertian, Stuktur dan Fungsinya Lengkap

 

  • Kapasitas protein pembawa

Tingkat pengikatan antara zat yang akan dikirim dan protein bersama dengan kecepatan transfer mempengaruhi laju difusi.

 

  • Jumlah situs protein pembawa

Lebih banyak situs berarti kapasitas difusi lebih tinggi dan difusi lebih cepat.

 

  • Suhu

Reaksi kimia tergantung pada suhu, dan suhu yang lebih tinggi itu berarti kemajuan reaksi lebih cepat dan difusi lebih cepat.

Sedangkan sel dapat mengatur jumlah situs protein pembawa, kapasitas protein pembawa tetap, dan sel mempunyai kemampuan terbatas untuk mengatur suhu proses dan konsentrasi zat di luar sel. Kemampuan untuk menutup kegiatan situs pembawa protein menjadi penting untuk mengendalikan proses sel.

 


 

Contoh Difusi Terfasilitasi

 

  • Difusi terfasilitasi : Glukosa

Glukosa merupakan molekul gula yang berfungsi sebagai sumber energi mendasar bagi banyak sel. Di luar sel, aliran darah secara konstan memberikan glukosa sedangkan di dalam sel, metabolisme seluler akan terus-menerus mengonsumsi glukosa. Dampaknya, konsentrasi glukosa di luar sel tetap lebih tinggi daripada konsentrasi di dalam sel, Namun molekul glukosa terlalu besar untuk melalui membran plasma tanpa bantuan. Dengan begitu, sel menyiapkan protein pembawa spesifik glukosa yang mengikat molekul glukosa dan memungkinkan mereka untuk memasuki sel.

 

  • Difusi terfasilitasi : Oksigen

Dalam aliran darah, oksigen diketahui mempunyai afinitas yang sangat tinggi dengan molekul hemoglobin pada permukaan sel darah merah. Dalam difusi difasilitasi oksigen, protein hemoglobin bertindak sebagai pembawa yang membawanya ke dalam sel darah merah.
Selama proses ini, kecepatan difusi oksigen menambah hemoglobin, dan setelah itu, oksihemoglobin yang baru terbentuk akan dipindahkan.

 

  • Difusi terfasilitasi : asam amino dan asam nukleat

Selain glukosa dan oksigen, asam amino dan asam nukleat dibawa ke dalam sel melalui difusi difasilitasi. Sebab strukturnya yang besar dan molekul yang bermuatan, ini saja tidak bisa masuk dan keluar sel melalui difusi sederhana. Selain itu, seperti apa yang berlangsung dengan molekul glukosa, asam amino dan asam nukleat dibantu dengan berbagai protein pembawa dalam proses tersebut.

Baca Juga  √ Sel Saraf : Pengertian, Ciri, Jenis, Bagian dan Fungsinya Lengkap

 

  • Difusi terfasilitasi : ion natrium

Ion natrium berdifusi melewati membran melalui bantuan saluran yang ada di penghalang hidrofobik membran sel. Dalam jenis transportasi ini, energi yang memfasilitasi pergerakan ion berasal dari perbedaan gradien ion, dan tidak ada yang datang dari sistem transportasi. Selain itu, seperti apa yang disebutkan sebelumnya, saluran yang memfasilitasi pergerakan ion natrium menampilkan spesifisitas substrat. contoh Difusi terfasilitasi molekul ion natrium

 

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai difusi terfasilitasi. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Difusi Terfasilitasi : Pengertian, Faktor dan Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya