√ Otot Polos : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagiannya Lengkap

Diposting pada

√ Otot Polos : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagiannya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang otot polos. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Otot Polos : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagiannya Lengkap
√ Otot Polos : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagiannya Lengkap

 


 

Pengertian Otot Polos

 

Otot polos ialah suatu otot yang termasuk kedalam golongan otot tak sadar atau refleks. Dalam artinya otot ini bekerja dibawah alam kesadaran kita otot polos merupakan otot yang jaringannya dibentuk dengan sel-sel otot dan bentuk otot polos seperti gelendong, yang mana kedua ujungnya berbentuk meruncing dan bagian tengahnya menggelembung.

Otot polos juga membentuk lapisan pada unsur atau alat-alat dalam tubuh, misalnya dinding usus, pembuluh darah, saluran kelamin juga dinding rahim. Maka dari itu, otot polos sering disebut dengan otot alat-alat dalam. Cara kerja otot polos tidak didasari dengan perintah otak, tetapi terjadi diluar kesadaran otak. Karena hal inilah otot polos disebut juga otot tak sadar (otonom).

 


 

Fungsi Otot Polos

 

  • Fungsi otot ini pada organ tubuh manusia ialah untuk memberikan kontraksi yang memungkinkan zat dari dalam atau dari organ lain dapat memasuki dan menjalankan proses dalam organ tersebut.
  • Kontraksi otot yang dimunculkan oleh otot polos berasal dari pemancar kimia seperti hormon manusia.
Baca Juga  √ Tulang Belakang : Pengertian, Fungsi dan Struktunya Lengkap

Fungsi nyata dalam berbagai organ diantaranya yaitu

  • Membantu keluarnya urin yang berada di kandung kemih.
  • Lalu Otot polos yang berada dipembuluh darah juga membantu aliran darah dalam arteri
  • Pada saluran pencernaan otot polos akan membantu makanan berpindah dari satu bagian ke bagian lain
  • Pada arteri dan pembuluh darah vena, otot polos mampu mengatur tekanan darah.

 


 

Ciri – Ciri Otot Polos

 

  • Otot polos memiliki bentuk seperti gelondong.
  • Meruncing pada kedua ujungnya dan di bagian tengahnya menggelembung.
  • Setiap sel otot polos memiliki satu inti sel yang letaknya di tengah.
  • Otot polos merupakan otot otonom (otot tak sadar).
  • Waktu kontraksi pada otot polos ialah 3 hingga 180 detik.
  • Letak otot polos ialah di bagian usus, otot saluran kemih, saluran peredaran darah, pembuluh darah dan lain-lain.
  • Otot polos tidak memiliki garis melintang seperti yang berada pada otot lurik.
  • Otot polos berkontraksi dengan refleks hal itu disebabkan otot polos ialah otot tak sadar atau otonom.
  • Otot polos mempunyai reaksi yang lambat namun tak mudah lelah, dan secara terus menerus bekerja meskipun kita telah tidur.

 


 

Jenis – Jenis Otot Polos

 

Otot polos dibagi menjadi 2 jenis yaitu otot polos unit tunggal (single unit) dan otot polos unit ganda (multi unit). Berikut ini ialah penjelasan dari masing-masing jenis tersebut.

 

  • Otot Polos Unit Tunggal (Single Unit)

Otot polos yang mempunyai banyak sekali serabut, serabut tersebut terdiri dari ratusan hingga jutaan yang saling berkontraksi dengan disertai membran sel yang menempel satu dengan yang lain pada tempat berbeda yang menyebabkan mudahnya penyebaran serabut ke serabut yang lain. Intinya adalah otot ini tidak perlu stimulus saraf eksternal untuk berkontraksi. Contohnya adalah otot yang berada pada lapisan dinding organ berongga atau visera.

Baca Juga  √ Kambium : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Jenisnya Lengkap

 

  • Otot Polos Unit Ganda (Multi Unit)

Otot polos yang tersusun atas serabut yang beragam dan setiap serabut ini bekerja tanpa saling mendukung atau lebih tepatnya bekerja secara sendiri. Intinya ialah otot ini memerlukan stimulus saraf eksternal untuk dapat berkontraksi. Contohnya ialah otot yang berada pada mata yang berperan dalam memfokuskan lensa serta menyesuaikan ukuran pupil.

 


 

Bagian Otot Polos

 

  • Membran Plasma

Bagian ini sering juga disebut dengan nama Sarcolemma atau juga sarkolema. Ia dapat terlihat dengan jelas jika kita menggunakan mikroskop electron.

Ia akan terlihat seperti double membrane atau selaput membran ganda yang terdiri dari selaput luar dengan tebal antara 25 sampai 30 angstrom. Setelah itu, selaput yang lainnya ialah selaput dalam dengan ketebalan kurang lebih 25 sampai 30 angstrom.

 

  • Sitoplasma

Bagian otot polos yang satu ini juga sering dikenal dengan istilah sarkoplasma atau juga Sarcoplasma yang memiliki  sifat eosinofilik dan akan mengandung organoid yang terdiri dari mitokondria yang akan melindungi inti, apparatus golgi, sentriol, serta endoplasma reticulum. Selain dari organoid, ada juga paraplasma cotohnya glikogen juga lipofusin.

 

  • Inti Sel

Memiliki jumlah satu dan juga mempunyai bentuk yang lonjong cenderung panjang dengan ujung yang tidak runcing. Sewaktu bagian otot polos yang satu ini berkontraksi ia akan membentuk suatu gelombang.

 


 

Cara Kerja Otot Polos

 

Cara kerja otot polos ini tidak menurut pada perintah otak, namun terjadi atau berlangsung diluar kesadaran otak atau di luar kesadaran individu tersebut. Itulah alasan mengapa otot polos disebut dengan otot tak sadar (otonom). Otot polos terdapat pada bagian usus, saluran peredaran darah, saluran kemih, pembuluh darah dan lain sebagainya.

Baca Juga  Pengertian Cerpen,Ciri-Ciri,Struktur,Unsur dan Fungsi Terlengkap

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai otot polos. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Otot Polos : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagiannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya