Surat Lamaran Kerja

Diposting pada

Materi.Co.ID Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id. kali ini kita akan membahas perihal surat lamaran kerja.

Untuk kalian yang baru memasuki dunia kerja, pasti masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan hal – hal apa saja yang harus diperhatikan tentang surat lamaran kerja. Disini kita akan bahas semua nya ,jadi simak bahasan nya dibawah ini.

√ Pengertian Surat Lamaran Kerja , Unsur , Jenis dan Contoh Secara Lengkap


Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja ialah suatu  surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar Pekerjaan), untuk dikirimkan kepada suatu badan usaha atau instansi agar mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.


Unsur – Unsur Penting Surat Lamaran Pekerjaan

  • Mempunyai bentuk yang menarik
  • Mempunyai bahasa yang menarik
  • Menggambarkan kemampuan pelamar
  • Tepat pada sasaran

Dalam surat lamaran memiliki unsur-unsur surat, yaitu :

  • Kepala surat
  • Tempat dan tanggal penulisan surat
  • Salam pembuka
  • Pembuka surat
  • Tujuan surat lamaran pekerjaan
  • Lampiran persyaratan yang ditentukan
  • Penutup surat
  • Tanda tangan dan nama jelas pelamar

Syarat – Syarat Surat Lamaran Kerja

  • Surat lamaran harus memakai bahasa indonesia yang baik.
  • Surat lamaran ditulis tangan yang rapi.
  • Surat lamaran ditulis dengan bahasa yang sopan dan simpatik
  • Surat lamaran harus berisikan hal-hal tentang identitas pelamar, riwayat pendidikan, maksud pelamar dan lampiran.
Baca Juga  Konjungsi Korelatif

Jenis – jenis Surat Lamaran Kerja

Menurut jenis pembuatannya surat lamaran pekerjaan terbagi menjadi 2 ,yaitu :

  • Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hiidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan, cara ini juga disebut dengan model gabungan.
  • Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut dengan model terpisah.


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

  • Gunakan bahasa yang baik dan benar, pergunakan bahasa yang formal karena surat lamaran kerja ini termasuk surat resmi jangan menggunakan bahasa yang tidak patut dalam pembuatan surat resmi.
  • Tulislah kalimat yang singkat padat dan jelas, jangan bertele-tele dalam menulis suatu surat lamaran karena surat lamaran ini bisa menampilkan jati diri seseorang serta sebuah instansi atau perusahaan tidak menyukai surat lamaran yang bertele-tele.
  • Tulislah secara manual menggunakan tangan, penulisan surat lamaran kerja secara manual lebih disukai suatu perusahaan karena melalui tulisan tangan bisa dinilai bagaimana pribadi seseorang.
  • Perhatikan kebersihan suatu surat lamaran kerja, jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat lamaran kerja, jika salah menulis lebih baik tulis ulang di kertas baru, jangan menggunakan stipo untuk menghapus.
  • Isi secara jelas data diri dan suatu informasi yang informasi tentang diri anda, serta lampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri serta dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.
  • Jika anda mempunyai sertifikat pendukung yang bisa menambah nilai plus untuk diri anda jangan ragu untuk dapat melampirkannya.

Sumber Surat Lamaran Kerja

  • Sumber lowongan pekerjaan tanpa sumber tertentu
  • Sumber lowongan pekerjaan dari media tertentu
  • Sumber lowongan pekerjaan dari referensi pihak tertentu
Baca Juga  Pengertian Syair

Hal – hal yang Harus Dicantumkan Dalam Surat Lamaran Kerja

  • Menyebutkan sumber lamaran
  • Identifikasi diri lengkap dari pelamar
    yaitu : nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap ,nomor telepon,hand phone dan juga alat bantu komunikasi lainnya. Identifikasi diri dari pelamar harus memudahkan pihak perusahaan untuk dapat menghubungi pelamar.
  • Posisi yang dikehendaki
  • Riwayat pendidikan
  • Riwayat pekerjaan (bila ada)
  • Kemampuan lain yang dimiliki
  • Referensi (bila ada dan pelamar memandang pihak pemberi referensi mempunyai pengaruh terhadap pengambilan keputusan)

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Surat Lamaran kerja

  • Surat lamaran ditulis tangan di atas kertas bergaris ukuran folio. Tulisan harus jelas, bersih, dan tidak ada coretan. Surat lamaranpun dapat dibuat menggunakan mesin tik atau komputer.
  • Pelamar menyebutkan dirinya bukan dengan kata ganti kami melainkan saya. Pelamar harus mencantumkan pimpinan instansi dengan Bapak/Ibu (jika sudah jelas pemimpinnya). Apabila masih belum jelas, dapat langsung menyebutkan jabatannya.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

  • Sebagai bukti tertulis atas pengajuan surat permohonan pekerjaan

Melalui surat lamaran ini, pelamar menulis langsung identitasnya, dan lampiran berkas berupa fotocopy ijazah sebagai bukti bahwa sudah lulus sekolah, fotokopi KTP, foto, dan riwayat hidup. Selain itu, tanda tangan sebagai bentuk pertanggung jawaban penulis terhadap yang ditulisnya.


  • Sebagai media atau alat komunikasi

Di surat lamaran ada beberapa lampiran, seperti KTP, ijazah terakhir, pengalaman bekerja, dan lain-lain. Bagian penerima lamaran akan dengan jelas mengetahui identitas sang pelamar, ijazah terakhir, dan pengalaman bekerja dari surat lamaran yang diberikan pelamar kepada perusahaan melalui perwakilannya.


  • Sebagai bahan pertimbangan penerimaan pekerjaan

Pada umumnya perusahaan yang memerlukan pegawai baru dengan jabatan yang cukup penting pada istansi atau perusahaan tertentu mempunyai banyak kriteria /pertimbangan bahkan tes demi tes dilakukan secara ketat untuk mempekerjakan calon pegawai yang lebih berkualitas.

Baca Juga  Pengertian Ode

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bandar lampung , 21 April 2017

Kepada Yth :
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. (Nama Perusahaan)
Cabang (Nama Kota)

Dengan hormat,
Saya bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                 :
Tempat, tanggal lahir     :
Pendidikan                        :
Alamat                               :
Telepon                              :

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai karyawan.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

Fotocopy Ijazah
Fotocopy KTP
Pas Foto 4×6
Berkas Pendukung

Demikian surat permohonan pekerjaan saya buat besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

(Nama Pelamar)


Demikian bahasan kita tentang surat lamaran kerja . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Unsur, Syarat, Jenis, Cara, Sumber, Fungsi & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂


Baca Juga Artikel