Pengertian Makalah,Ciri-ciri dan Jenis Makalah Secara Lengkap

Diposting pada

√ Pengertian Makalah, Ciri-Ciri dan Jenis Makalah Secara LengkapHay hay bertemu lagi di artikel materi.co.id , semoga sehat selalu , kali ini saya akan membahas tentang pengertian makalah ,ciri-ciri dan jenis makalah secara lengkap . simak bahasan nya dibawah ini yaa.

 

√ Pengertian Makalah, Ciri-Ciri dan Jenis Makalah Secara Lengkap
√ Pengertian Makalah, Ciri-Ciri dan Jenis Makalah Secara Lengkap

 

 

Pengertian Makalah

Makalah ialah karya tulis ilmiah yang membahas tentang pokok masalah tertentu yang tercakup didalam ruang lingkup tertentu.

Makalah juga bisa diartikan sebagai karya akademis yang biasanya diterbitkan atau juga dipublikasikan pada jurnal yang bersifat ilmiah.

Ada beberapa pakar mendeskripsikan pengertian makalah sebagai berikut :

1. Poerwadarminta mengatakan makalah sebagai sebuah uraian tertulis yang membahas tentang suatu permasalahan agar mendapat pembahasan lebih lanjut.

2.  Zaenal Arifin mengatakan bahwa makalah adalah karya tulis ilmiah yang mengkaji permasalahan berdasar pada data lapangan yang objektif dan empiris.

3.  Sudjiman mengartikan makalah sebagai sebuah karangan bukan fiksi, berbentuk prosa yang membahas topik tertentu.

4.  Surakhmad mendefinisikan makalah sebabgai segala jenis tugas kuliah yang diselesaikan tertulis, baik bersumber utama pada buku atau karangan tentang topik tertentu.

 

 

Ciri – Ciri Makalah

Di dalam makalah memiliki beberapa ciri-ciri, untuk dapat mengetahui apa saja ya ciri-ciri dari makalah, mari kita simak dibawah ini :

  1. merupakan hasil dari laporan pelaksanaan suatu kegiatan yang ada di lapangan
  2. mengenai suatu permasalahan yang terjadi.
  3. mendemonstrasikan pemahaman teori ataupun kemampuan dalam
  4. menerapkan prosedur-prosedur yang mempunyai kaitan dengan permasalahan.
  5. Agar dapat menunjukan kemampuan tentang pemahaman teori ataupun
  6. sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun sebuah makalah.
  7. Serta untuk mendemonstrasikan kemampuan yang dimiliki ketika menyusun
  8. berbagai macam sumber informasi dalam menyelesaikan permasalahan.

 

 

Jenis – Jenis Makalah

Dari sifatnya makalah bisa dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :

 

      1. Makalah Dedukatif

Makalah dedukatif ialah merupakan, dimana pembahasan isi laporan makalah berdasarkan dengan data primer, seperti hasil rapat, survei atau data lapangan yang benar-benar nyata. Dalam penggunaan nya, makalah dedukatif biasanya sering digunakan oleh mahasiswa yang sedang duduk di bangku universitas.

 

       2. Makalah Indukatif

Makalah Induktif ialah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif berdasarkan apa yang diperoleh dari lapangan namun tetap relevan dengan pembahasan.

 

        3. Makalah Campuran

Makalah campuran ialah makalah  gabungan dari makalah deduktif dan juga makalah induktif yang dasar penyusunannya dari data bersifat empiris dan kajian teoritis.

Dalam penyusunannya makalah ini membahas mulai dari perihal umum kemudidan ditambahkan kalimat penjelas yang sifatnya khusus dan diakhiri dengan kesimpulan yang sifatnya umum.

Nah makalah campuran pun terbagi lagi menjadi 6 jenis yaitu :

  1. Makalah ilmiah makalah ini biasanya membahas tentang permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah dan biasa nya jenis makalah ini tidak berdasarkan opini dari penulis yang bersifat subjektif.
  2. Makalah kerja – biasanya makalah ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan seorang penulis makalah tersebut berargumentasi dari permasalahan yang dibahas yang didapatkan dari sebuah proses penelitian dan itu artinya opini yang bersifat subjektif dari penulis lebih memungkinkan pada makalah jenis ini
  3. Makalah kajian – isi dari makalah ini biasanya sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial
  4. Makalah posisi – istilah ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan satu pihak yang berfungsi sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah
  5. Makalah analisis – sifat dari makalah ini adalah objektif-empiris
    Makalah tanggapan – biasanya makalah ini sering dijadikan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan.

 

 

Demikianlah bahasan kita kali ini mengenai makalah , terima kasih yg menyempatkan waktu untuk mampir ke artikel √ Pengertian Makalah, Ciri-ciri dan Jenis Makalah Secara Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan ya,:)

 

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga  √ Karbohidrat : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap
Baca Juga  √ Essay : Pengertian, Contoh & Cara Membuatnya Lengkap
Baca Juga  Pengertian Majas Personifikasi , Ciri-Ciri , Fungsi dan Contoh Secara Lengkap
Baca Juga  √ Karangan : Pengertian , Ciri , Jenis , Unsur dan Contohnya Lengkap
Baca Juga  √ Definisi : Pengertian , Ciri , Tujuan , Syarat dan Jenis Lengkap