Topologi Jaringan

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Topologi Jaringan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Topologi Jaringan


Pengertian Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi.

 


Pengertian Topologi Jaringan menurut Para Ahli

1. Menurut jaringan Abdul Kadil (2014)
Topologi Jaringan yakni suatu hubungan dua perangkat komputer atau lebih (umumnya berupa komputer) dengan tujuan utamanya yaitu untuk saling bertukaran data dan informasi.


2. Menurut Iwan Sofana (2008 : 3)
Topologi Jaringan yakni suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer autonomos. Selain itu, jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa komputer (dan perangkat lain seperti printer,hub, dan sebagainya) yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara.


3. Menurut Zymon Machajewski
Topologi jaringan yakni suatu perangkat komputer yang saling terhubung secara bersamaan satu dengan lainnya dengan tujuan utama, yakni untuk saling berbagi sumberdaya.


4. Menurut Budhi Irawan
Topologi jaringan komputer yakni suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.


5. Menurut Jafar Noor Yudianto
Topologi jaringan yakni suatu sistem yang terdiri atas sebuah beberapa komputer yang didesain untuk bisa saling berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan bisa mengakses informasi (peramban web).

 

Baca Juga  Jaringan Tumbuhan

Macam – Macam Topologi Jaringan

1. Topologi Star
Topologi star merupakan suatu jaringan dari beberapa komputer yang memiliki koneksi dengan node yang berada di jaringan pusat. Jadi, masing-masing sebuah perangkat komputer ini dapat harus mempunyai koneksi dengan node yang berada di tengah sistem jaringan tersebut.


2. Topologi Hybrid
Topologi hybrid merupakan suatu gabungan dari dua atau lebih jenis topologi jaringan yang berbeda. Seringnya, topologi jenis seperti ini dapat digunakan pada perusahaan yang telah mengambil alih jaringan komputer perusahaan lain.


3. Topologi Ring
Topologi ring/cincin merupakan suatu bentuk topologi jaringan yang berbentuk rangkaian titik yang masing-masing jaringan komputernya terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga dapat membentuk sebuah jalur melingkar membentuk sebuah cincin. Pada topologi cincin ini, komunikasi data dapat terganggu apabila satu titik mengalami gangguan atau kerusakan.


4. Topologi Tree
Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi jenis seperti ini biasanya dapat digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk mendapatkan suatu hirarki yang lebih rendah dapat digambarkan pada lokasi yang rendah juga dan sebaliknya apabila semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi pula juga hirarki yang didapat.


5. Topologi Peer to Peer
Topologi eer to peer merupakan suatu jenis topologi jaringan sederhana karena komputer yang dihubungkan hanya berjumlah 2 saja. Penggunaan kabel dalam topologi ini cukup irit yaitu hanya satu kabel saja komputer sudah bisa saling berbagai data.


6. Topologi Bus
Topologi bus merupakan suatu jenis topologi jaringan yang dapat dikatakan lebih sederhana. Pada biasanya jenis topologi jaringan seperti ini dapat dilakukan pada installasi jaringan berbasis kabel coaxial. Topologi bus topologi ini juga seringnya lebih banyak digunakan untuk jaringan komputer perusahaan dengan skala kecil.

Baca Juga  Manajemen Keuangan

7. Topologi Mesh
Topologi mesh merupakan suatu jenis topologi gabungan dari topologi Ring dan Star. Topologi mesh juga dapat dikatakan suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat akan terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan tersebut.


8. Topologi Linier
Topologi linier biasnya disebut sebagai topologi bus berurut yang hanya menggunakan satu kabel utama yang berperan sebagai konektor setiap titik sambungan pada tiap komputer.

 


Fungsi Topologi Jaringan

  • Untuk mengetahui apakah masing-masing komputer atau host di jaringan komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.
  • Untuk mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan pada jaringan komputer.

 


Tujuan Topologi Jaringan

Tujuan topologi jaringan digunakan untuk dapat menghubungkan jaringan yang ada sehingga sebuah informasi dapat dikirim dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih cepat dan menghasilkan data lebih baik.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Topologi Jaringan : Pengertian, Macam, Fungsi & Tujuannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :