Jaringan Komputer

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Jaringan Komputer. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Jaringan Komputer


Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung dan terkaitan satu sama lain dengan komputer lainnya melalui dengan adanya media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data dengan adanya aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer tentunya akan menghasilkan sebuah informasi yang baik dan cepat.

 


Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

1. Menurut Abdul Kadil (2003)
Jaringan komputer yakni suatu hubungan dua buah simpul atau lebih yang dapat berbentuk sebuah komputer dengan tujuan utamanya untuk dapat melakukan pertukaran data satu sama lain sehingga mampu menghasilkan informasi yang cepat dan mudah.


2. Menurut Andi Kristanto
Jaringan komputer yakni sebuah kelompok komputer otonom yang saling mempunyai keterkaitan komputer satu dengan lainnya. Hubungan yang dimiliki dapat dilakukan dengan menggunakan 1 protokol komunikasi sehingga dalam terjadinya hubungan tersebut akan menyebabkan transparansi data dimana komputer satu dapat berbagi informasi dengan komputer lainnya.


3. Menurut Yayasan Sandhykara
Jaringan Komputer yakni suatu hubungan dua atau lebih sistem komputer yang terpisah, melalui media komunikasi untuk dapat melakukan komunikasi data satu komputer dengan yang lainnya guna dapat berbagi sumber daya (resource).


4. Menurut Abdul Kadil (2003)
Jaringan Komputer yakni suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya adalah untuk melakukan pertukaran data.

Baca Juga  Hormon Giberelin

5. Menurut Ensiklopedia
Jaringan komputer yakni sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer-komputer yang dibentuk untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi satu sama lain, dan dapat mengakses informasi secara bersama agat hasil yang didapatkan akan lebih baik dan cepat.

 


Jenis Jaringan Komputer

  • Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet juga merupakan susunan dari beberapa jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file akan menjadi lebih mudah dan cepat. Internet juga dapat dikatakan sebagai perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta Topologi dan Tipe Jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.

  • Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network yakni suatu jaringan komunikasi data yang secara geografi mencakup area yang sangat luas, lingkup regional/ nasional/ global, dan sering menggunakan fasilitas transmisi umum seperti telepon dan juga biasanya sudah menggunakan sarana Satelit.

  • Local Area Network (LAN)

Local Area Network yakni suatu jaringan komputer yang umumnya dapat digunakan untuk dapat menghubungkan beberapakomputer-komputer pribadi dan workstatioan dalam suatu kantor pada suatu perusahaan atau pabrik- pabrik sehingga dapat memaksimalkan sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan tentunya dengan adanya LAN mampu saling bertukar informasi yang masih dalam satu area dengan mudah dan cepat.

  •  Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network yakni suatu konsep yang menghubungkan perangkat jaringan dari satu Kota ke Kota lainnya. Jika dalam penggunaan LAN sudah tidak mampu untuk membangun jaringan maka jaringan MAN akan di gunakan untuk kompuer, karena cakupannya lebih besar daripada LAN maka MAN dapat menggunakan perangkat khusus dan memerlukan beberapa operator telekomunikasi yang bertugas sebagai suatu penguhubung antar jaringan komputer.

  • Personal Area Network (PAN)
Baca Juga  Topologi Mesh

Personal Area Network yakni suatu jaringan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Seringnya suatu jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 1 sampai 5 meter saja, melainkan jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan untuk komputer.

  • Wireless (Tanpa Kabel)

Wireless yakni suatu jenis jaringan komputer yang dapat menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan suatu kabel. Media yang dapat digunakan juga contohnya seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless juga dapat difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

 


Fungsi Jaringan Komputer

  • Untuk meningkatkan transfer data lebih cepat daripada menggunakan media lainnya.
  • Untuk mengamankan data supaya tidak hilang dan lebih terjaga.
  • Untuk menghemat uang karena akan menjadi lebih efektif dengan adanya jaringan komputer.

 


Manfaat Jaringan Komputer

  • Memperluas penggunaan sistem informasi.
  • Reabilitas yang tinggi dan dapat membagi sumber daya.
  • Tidak membuat kita ketergantungan terhadap satu jenis komputer.
  • Mempercepat dalam mengakses informasi.
  • Membuat sistem komputer lebih fleksibel dan mudah digunakan.
  • Memberi kemudahan dalam berkomunikasi.
  • Banyak aplikasi pendukung yang dapat dijalankan diberbagai komputer.

 


Tujuan Jaringan Komputer

  • Hiburan

Jaringan komputer dapat memberikan sarana hiburan bagi manusia.

  • Media komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna yang jaraknya saling berjauhan. Komunikasi ini dapat mengirimkan informasi dalam bentuk gambar, suara, text yang sering disebut dengan teleconference atau suara saja (VOIP).

  • Sharing Resource

Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, dan khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai sehingga dapat menghasilkan jaringan komputer dengan baik.

  • Efisien (hemat) waktu, tenaga dan Informasi yang terkini
Baca Juga  Topologi Bus

Jaringan komputer yang dapat dengan mudah mengintegrasikan data, berbagi data dan komunikasi pengguna jarak jauh. Tentunya dengan adanya jaringan komputer ini akan dapat menghemat waktu dalam pencarian data dan data yang dihasilkan adalah data terkini.

  • Integrasi Data

Jaringan komputer proses pengolahan data tidak hams dilakukan pada satu komputer saja, tetapi dapat dilakukan di komputer-komputer yang lain.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Jaringan Komputer : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat & Tujuannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :