Topologi Ring

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Topologi Ring. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Topologi Ring


Pengertian Topologi Ring

Topologi Ring adalah suatu aturan, konsep, skema, ataupun cara yang dapat digunakan untuk dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya yang mana rangkaiannya akan membentuk suatu titik-titik dan masing-masing titik tersebut akan saling terhubung dengan 2 titik yang lain dalam satu jaringan.

Pada sistem topologi jaringan jenis ini, setiap sentral sengaja disusun untuk dapat berinteraksi dengan sentral yang jaraknya saling berdekatan ataupun berjauhan. Sehingga topologi ring ini memang harus mempunyai kemampuan untuk dapat melakukan switching ke segala arah workstation.

 


Karakteristik Topologi Ring

  1. Setiap paket data atau informasi bisa mengalir melalui kanan atau kiri titik sehingga hal ini bisa menghindari collision.
  2. Biaya yang dibutuhkan relative rendah sehingga terjangkau.
  3. Terjadi sebuah hubungan antar komputer dalam sebuah jaringan.
  4. Hanya memilikis satu jalur searah ketika akan mengirimkan sebuah informasi atau data.

 


Cara Kerja Topologi Ring

  1. Arus sinyal atau informasi yang disampaikan oleh token akan berjalan satu arah
  2. Token diubah dengan cara menambahkan alamat dan data lalu mengirimnya sepanjang ring.
  3. Setiap komputer terhubung dengan komputer selanjutnya
  4. Setiap komputer melakukan transmisi ulang setiap kali ada token yang masuk dari komputer sebelumnya, lalu akan meneruskan ke komputer selanjutnya.
  5. Hanya komputer yang mempunyai token atau pesan yang bisa mengirim pesan ke komputer tujuan.
Baca Juga  Topologi Mesh

 


Fungsi Topologi Ring

  1. Untuk dapat menghubungkan dua atau lebih komputer agar dapat berkomunikasi dan saling bertukar data agar mendapatkan data dengan cepat dan mudah.
  2. Untuk memperoleh sinyal dari perangkat sebelumnya untuk diteruskan ke perangkat selanjutnya.
  3. Untuk membantu proses menerima dan meneruskan sinyal ini diperlukan perangkat yang disebut token yang berisi informasi data dari komputer server.


Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring

Kelebihan Topologi Ring

  • Lebih hemat kabel.
  • Biaya yang keluarkan lebih rendah dan pemakaian kabel
  • Peforma topologi ring dapat dikatakan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan topologi bus, bahkan meskipun aliran data pada topologi ring besar dan berat.
  • Mudah dalam melakukan konfigurasi serta installasi perangkat baru.
  • Tidak akan mengalami resiko tabrakan di saat pengiriman data dikarenakan dalam satu waktu hanya akan ada satu node yang hanya dapat mengirimkan data.

Kekurangan Topologi Ring

  • Jaringan ini jarang digunakan karena kurang efisien
  • Kinerja komunikasi yang terdapat pada ini jaringan topologi ring ini sangat bergantung dari jumlah titik/node yang ada pada jaringan tersebut.
  • Cenderung akan mengalami kesulitan untuk melakukan konfigurasi jika dibandingkan dengan topologi star.
  • Kesulitan dalam mengembangkan jaringannya.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Topologi Ring : Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :