Yoga Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Yoga. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Yoga


Pengertian Yoga

Yoga adalah ilmu yang mempelajari mengenai keterkaitan antara mental, spiritual dan fisik manusia dalam mencapai sistem kesehatan menyeluruh (Holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India kuno.

 


Sejarah Yoga

Sejak lebih dari 5000 tahun yang lalu, yoga telah dapat diketahui sebagai salah satu olahraga yang termasuk dalam alternatif pengobatan yang umumnya dapat dilakukan dengan pernafasan. Awal mula munculnya yoga diprakarsai oleh Maharsi Patanji, dan saat ini menjadi ajaran yang telah dapat diikuti banyak kalangan umat Hindu.

Istilah Yoga berasal dari bahasa Sansakerta kuno yaitu yuj yang berarti union atau penyatuan diri. Yoga telah mempunyai tiga arti yang berbeda, yaitu: pengendalian (yojyanti), menghubungkan (yunakti) dan Penyerapan (samadhi (yujyate). Tetapi makna awal yang biasa dipakai adalah meditasi (dhyana) dan penyatuan (yukti).

Sastra Yogasutra yang telah ditulis oleh Maharsi Patanjali, dapat terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan mengandung 194 sutra. Bagian yang pertama dapat disebut sebagai Samadhipada, kemudian bagian kedua dapat disebut dengan Sadhanapada, bagian ketiga disebut sebagai Vibhutipada, dan yang paling terakhir dapat disebut dengan Kailvalyapada.

 


Jenis – Jenis Yoga

1. Raja Yoga
Raja Yoga adalah salah satu yoga yang termasuk dalam menitikberatkan pada teknik meditasi dan kontemplasi. Yoga ini juga nantinya akan dapat mengarah pada cara penguasaan diri sekaligus mengatahui bagaiaman cara menghargai diri sendiri dan sekitarnya.


2. Karma Yoga
Karma Yoga adalah yoga yang mempercayai adanya reinkarnasi. Di sini Anda akan dibuat untuk menjadi tidak egois, karena yakin bahwa perilaku Anda saat ini akan berpengaruh pada kehidupan yang akan datang.


3. Hatha Yoga
Hatha Yoga adalah salah satu yang termasuk dalam suatu sistem pelatihan yang dapat menggunakan berbagai teknik membentuk sikap tubuh (asana) dan dapat disertai dengan teknik pernapasan (pranayama) guna dapat mencapai suatu keseimbangan antara dua kekuatan yang berbeda yang terdapat di dalam tubuh, seperti tubuh bagian kiri dan tubuh bagian kanan, tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah, energi positif dan energi negatif, tarikan napas dan hembusan napas, dan sebagainya.

Baca Juga  Bulu Tangkis

4. Yoga Ananda
Ananda Yoga adalah salah satu jenis yoga yang dapat dilakukan dengan berfokus pada postur tubuh yang lembut untuk dapa mentransfer energi ke otak dan mempersiapkan tubuh untuk dapat dilakukannya meditasi. Ananda Yoga juga dapat berfokus pada penyelarasan tubuh yang tepat dan pernapasan sehingga mampu menciptakan pernafasan yang terkontrol.


5. Yoga Kundalini
Yoga Kundalini adalah jenis yoga yang menggabungkan gerakan berulang, latihan pernapasan, nyanyian pujian, dan meditasi untuk membangun energi spiritual yang dikatakan berada di pangkal tubuh manusia (atau dasar panggul).


6. Jnana Yoga
Yoga Jnana adalah suatu jenis yoga yang dapat menggunakan metode agar mampu mendapatkan kebijaksanaan dan pengetahuan. Teknik yoga ini biasanya mampu menggabungkan sebuah kecerdasan dan kebijaksanaan, sehingga nantinya akan muncul kehidupan yang menerima semua filosofi dan agama.


7. Yoga Bikram
Yoga bikram adalah suatu jenis yoga yang cukup mirip dengan yoga hot. Keduanya dapat dilakukan pada ruangan yang suhunya sangat panas. Suhu ruangan sengaja dibuah tinggi agar gerakan dapat dilakukan dengan lebih intens. Selain karena gerakan, yoga bikram dan yoga hot akan membuat anda menjadi lebih mudah berkeringat.


8. Yoga Yin
Yoga yin adalah sebuah jenis yoga yang dapat mengunggulkan posisi pasif agar mampu memberikan ketenangan tubuh pada seseorang. Dibandingkan beberapa jenis yoga lainnya, yoga yin lah yang paling menimbulkan rasa ketenangan, sehingga lebih mirip dengan yoga restoratif.


9. Yoga Vinyasa
Yoga vinyasa adalah salah satu jenis yoga yang cukup terkenal di kalangan pecinta yoga. Yoga vinyasa ini telah terdiri dari sebanyak 12 gerakan yang biasanya dilakukan dalam satu set latihan.


10. Prenatal Yoga
Prenatal yoga adalah suatu senam yoga yang bisanya digunakan bagi ibu hamil. Terdapat beberapa kategori yang telah disesuaikan dengan umur kehamilan sang ibu. Proses bernapas yang dilakukan secara teratur dapat membantu ibu dapat menjalani proses melahirkan.

Baca Juga  Renang Adalah

Manfaatnya adalah mampu membangkitkan kesadaran sang ibu akan pentingkan kondisi tubuh dan janinnya. Sehingga, dapt membantu ibu agar lebih rileks menghadapi kondisi kehamilannya.


11. Power Yoga
Power yoga ini pengembangan dari ashtanga yoga. Yang biasanya dapat disebut gym yoga karena dapat menggabungkan antara gerakan peregangan, latihan kekuatan, dengan meditasi. Teknik ini lebih menekankan pada kekuatan dan fleksibilitas. Manfaatnya juga dapat meningkatkan kekuatan otot.


12. Karma Yoga
Karma yoga adalah yoga yang dilakukan penekanan pada tindakan. Para praktisinya selalu mampu memperhatikan segala sesuatu yang diperbuatnya, sehingga tidak dapat menimbulkan karma yang membawa pada penderitaan.


13. Yoga Jivamukti
Yoga Jivamukti telah dikembangkan pada tahun 1986 oleh Sharon Gannon dan David Life. Yoga Jivamukti ini dapat mengungkapkan aspek spiritual dan etis dari latihan yoga. Yoga Jivamukti adalah suatu bentuk asana yang kuat sehingga dapat berfokus pada studi agama, lagu-lagu Sansekerta, vegetarianisme, tanpa kekerasan, meditasi, dan pengabdian kepada Tuhan.


14. Yoga Meditasi
Meditasi yoga adalah jenis yoga yang dilakukan dengan relaksasi, di mana pikiran terbebas dari semua hal yang menarik dan menegangkan serta dapat mengkhawatirkan dalam kehidupan sehari-hari.


15. Sivananda Yoga
Sivabanda yoga ini lebih cocok untuk mereka yang ingin berlatih yoga, karena termasuk latihan fisik dan pengabdian kepada yoga atau yoga yang mengutamakan pengabdian. Setiap latihan juga termasuk pranayamna, asana dan latihan relaksasi.

 


Tujuan Yoga

Tujuan yoga adalah dapat memperluas kesadaran manusia sampai sebegitu jauh sehingga bisa dipersamakan dengan kesadaran alam semesta. Hal ini harus dicapai dengan realisasi prinsip-prinsip spiritual dalam tubuh kita, ada prinsip fisik dan mental dan sebenarnya merupakan kepribadian diri kita sendiri yang abadi dan benar.

Baca Juga  Kebugaran Jasmani

 


Manfaat Yoga

  • Sarana relaksasi
  • Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
  • Meningkatkan keseimbangan
  • Tingkatkan kapasitas paru-paru saat bernafas.
  • Meningkatkan kesadaran pada lingkungan.
  • Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh dan otak.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir positif.
  • Meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh
  • Mengurangi ketegangan pada tubuh, pikiran, dan mental, serta dapat membuatnya lebih kuat saat sedang mengalami stres.

 


Perlengkapan Yoga

  • Matras Yoga

Matras Yoga berfungsi sebagai alas yang dapat memberikan kenyamanan saat anda melakukan Yoga.

Matras yoga dapat menahan tubuh dari benturan langsung dengan lantai dan juga tentunya dapat meminimalisir resiko terjadinya tergelincir pada saat melakukan yoga. Saat hendak memilih matras yoga lebih baiknya harus memperhatikan terlebih dahulu jenis Yoga yang akan dilakukannya nanti serta densitas matras. Karena, setiap jenis Yoga dapat membutuhkan matras dengan tipe yang berbeda.

  • Baju Yoga

Baju Yoga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan ketika hendak melakukan Yoga. Pakaian yang digunakan hendaknya tidak mengganggu kalian saat sedang melakukan posisi yang sulit seperti bertumpu pada perut dan hendaknya juga tidak mengganggu pernafasan.

  • Gym Ball

Gym ball juga dapat digunakan untuk melatih otot tubuh. Bentuknya yang besar dan bulat dapat membantu untuk melatih keseimbangan tubuh. Tidak hanya itu gym ball juga dapat digunakan untuk dapat melatih otot perut serta dapat menjadikan tubuh menjadi lentur.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Yoga : Pengertian, Sejarah, Jenis, Tujuan, Manfaat & Perlengkapannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :