Renang Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Renang. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Renang


Pengertian Renang

Renang adalah salah satu kegiatan yang melakukan gerakan yang dilakukan di dalam air yang dapat dilakukan oleh manusia dan hewan. Pada dasarnya hewan berenang untuk beberapa tujuan seperti berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, mencari mangsa, mendinginkan suhu tubuh. Sedangkan manusia berenang agar dapat menjadikan renang sebagai sarana olahraga, rekreasi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

 


Pengertian Renang Menurut Para Ahli

1. Menurut Budiningsih (2010:2)
Renang adalah salah satu olahraga air yang dapat dilakukan dengan menggerakkan badan di air, seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga badan terapung di permukaan air.


2. Menurut Erlangga (2010:75)
Renang adalah salah satu bentuk olahraga air yang sangat menyenangkan terutama bagi anak kecil dan tentunya bermanfaat bagi kekuatan otot tubuh, jantung, paru-paru dan membangkitkan perasaan berani.


3. Menurut Muhajir (2004:166)
Renang adalah salah satu kegiatan yang termasuk dalam cabang olahraga yang menyehatkan, sebab hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.


4. Menurut Abdoelah (1981:270)
Renang adalah salah satu kegiatan yang termasuk dalam jenis olahraga yang dapat dilakukan di air, baik di air tawar maupun di air asin atau laut.


5. Menurut Kasiyo Dwijowinoto (1979)
Renang adalah cabang olahraga yang diajarkan pada semua umur, baik anak – anak atau dewasa. Bahkan bayi yang baru berumur beberapa bulan juga bisa diajari berenang.

 


Teknik Dasar Renang

  • Teknik Meluncur

Meluncur adalah salah satu kegiatan dalam menggerakkan tubuh secara horizontal di bawah permukaan air. Agar dapat melakukannya, cobalah denga kamu turun ke kolam yang dangkal dan berdirilah dengan membelakangi dinding kolam. Tempelkan salah satu telapak kaki ke dinding tepi kolam dengan jari-jari ke arah bawah sebagai tolakan untuk meluncur.

  • Teknik Pernapasan
Baca Juga  Bola Voli

Kemampuan mengatur napas adalah kunci keberhasilan seorang perenang. Untuk melatihnya, berdirilah di tepi kolam dengan tubuh yang rendah dan wajah berada di atas permukaan air. Tarik napas melalui mulut, tahanlah selama beberapa saat. Masukkan kepala ke dalam air, lalu embuskan napas melaui hidung.

  • Teknik Mengapung

Kunci untuk belajar mengapung atau mengambang adalah dengan cara menyiapkan tubuh agar harus rileks dan tidak panik. Ada dua posisi mengapung yang perlu kamu kuasai, yaitu engambang berdiri dan mengambang dalam posisi telentang.

 


Manfaat Renang

  1. Meningkatkan tinggi badan
  2. Menyehatkan jantung dan paru-paru
  3. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang
  4. Mengurangi stress
  5. Membakar kalori
  6. Meningkatkan Stamina Tubuh
  7. Mengurangi peradangan
  8. Meredakan gejala asma
  9. Baik untuk Penderita Kanker Payudara
  10. Sarana Bermain dan Rekreasi

 


Macam – Macam Renang

1. Renang Gaya Kupu-Kupu
Renang gaya kupu-kupu adalah salah satu cara pengembangan dari gaya dada. Gaya kupu-kupu juga merupakan gaya berenang yang dapat dilakukan dengan kedua lengan secara bersamaan mengayuh bergerak ke depan. Kedua tangan dapat membentang kemudian mengepak untuk dapat mengayuh maju ke depan.

2. Renang Gaya Punggung
Renang gaya punggung adalah salah satu jenis yang termasuk dalam gaya berenang dengan posisi punggung menghadap ke air atau posisi tubuh telentang. Gerakan gaya punggung juga sama dengan gerakan gaya bebas. Pada saat melakukan gaya punggung wajah perenang berada di atas permukaan air, mudah untuk bernafas dan lebih mudah membuka mata.

3. Renang Gaya Bebas
Renang gaya bebas adalah salah satu jenis gerakan yang dapat dilakukan dengan cara menelungkupkan badan, dimana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air. Pada gaya bebas tubuh harus berada pada posisi datar di atas air dan bahu agak ke belakang. Kemudian kaki berada beberapa inci di bawah permukaan air.

4. Renang Gaya Dada
Renang gaya dada dapat juga disebut sebagai renang gaya katak, karena gerakannya mirip katak saat berenang di air. Renang gaya dada adalah salah satu jenis gaya renang dengan posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air dikombinasikan dengan gerakan kaki dan tangan.

Baca Juga  Tenis Meja

 


Peraturan Renang

  1. Posisi start buat nomor renang yang dimulai dari atas balok start yaitu badan membungkuk kearah air dengan lutut sedikit ditekuk.
  2. Perenang tidak boleh mengganggu peserta lain dengan cara memotong lintasan atau cara lain yang menyebabkan pelanggaran.
  3. Perenang harus ada dalam posisi start dimana setelah wasit start memberikan aba-aba siap.
  4. Start dianggap gak sah kalo ada peserta yang melompat lebih dulu sebelum ada aba-aba.
  5. Peserta yang berenang sendiri aja harus menyelesaikan seluruh jarak renangnya lebih dulu sebelum dinyatakan menang.
  6. Buat semua nomor pertandingan, perenang harus dapat menyentuh ujung kolam saat berbalik. Pembalikan yang harus dapat dilakukan dari dinding dan perenang tidak diperbolehkan untuk mengambil langkah dari dasar kolam.
  7. Perenang boleh mulai melompat apabila wasit telah menembakan pistol start.

 


Fasilitas Kebutuhan Renang

  • Kolam Renang

Kolam renang memiliki 2 ukuran panjang yaitu 50 m untuk kolam renang lintasan panjang sementara itu terdapat juga untuk lintasan pendeknya adalah 25 m. Kemudian untuk kedalaman kolam minimum adalah 1,35 meter, mulai dari 1,0 meter lintasan pertama sampai paling sedikit 6,0 meter.

  • Pengukur Waktu

Dalam melakukan perlombaan renang tingkat internasional papan sentuh sebagai pengukur waktu otomatis biasanya telah dipasang pada kedua sisi dinding kolam renang. Kemudian ketebalan dari papan sentuh pengukur waktu otomatis ini hanya sekitar 1 cm. Para perenang dapat mencatatkan waktunya pada papan sentuh sewaktu melakukan pembalikan dan finish.

  • Balok Start

Balok start adalah salah satu tempat perenang agar bersiap memulai pertandingan dengan mengunakan ukuran 0,5 x 0,5 meter dengan tinggi antara 0,5 hingga 0,75 meter dari permukaan air. Bagian atas balok yang telah dilapisi oleh bahan anti-licin agar dapat mampu mencegah perenang terpeleset  ataupun tergelincir karena memiliki kemiringan tidak lebih dari 10 derajat.

  • Lintasan
Baca Juga  Kebugaran Jasmani

Lintasan kolam renang mempunyai lebar minimal 2,5 meter dengan jarak tepi sekitar 0,2 meter di luar lintasan pertama dan terakhir. Lintasan renang juga telah dibatasi oleh tali yang panjangnya sama dengan panjang lintasan dan terbuat dari beberapa pelampung berukuran kecil yang diikat pada seutas tali.


Perlengkapan Renang

  • Pakaian Renang

Pakaian renang wajib digunakan baik oleh para pemula saat perenang melakukan latihan renang maupun para atlet ketika saat berlomba.

  • Kacamata Renang

Kacamata renang dapat berfungsi sebagai pelindung mata kamu agar tidak terkena air ketika berenang.

  • Pelampung

Pelampung ada yang berbentuk papan dan ada juga yang bentuknya seperti ban. Fungsi dari papan pelampung itu sendiri adalah untuk berlatih meluncur di atas air, sedangkan pelampung yang berbentuk ban berguna sekali untuk berlatih mengambang.


Nomor Perlombaan Renang

1. Nomor Federasi Renang Internasional dalam rekor dunia yaitu:

  • Gaya dada: 50 m, 100 m, 200 m.
  • Gaya kupu-kupu: 50 m, 100 m, 200 m.
  • Gaya bebas estafet: 4×100 m dan 4×200 m.
  • Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m.
  • Gaya punggung: 50 m, 100 m, 200 m.
  • Gaya ganti estafet: 4×100 m.

2. Nomor renang Olimpiade yaitu:

  • Gaya ganti perorangan : 200 m dan 400 m.
  • Gaya ganti estafet : 4 x 100 m.
  • Gaya punggung: 100 m dan 200 m.
  • Gaya kupu-kupu : 100 m dan 200 m.
  • Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), dan 1500 m (putra).
  • Renang marathon: 10 km.
  • Gaya ganti perorangan : 200 m dan 400 m.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Renang : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar, Macam, Manfaat, Fasilitas, Perlengkapan dan Nomor Renangnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :