Senam Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Senam. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Senam


Pengertian Senam

Senam adalah salah satu kegiatan cabang olahraga yang dapat melibatkan beberapa gerakan tubuh yang membutuhkan keserasian gerakan fisik, kecepatan dan kekuatan.

 


Pengertian Senam Menurut Para Ahli

1. Menurut Margono (2009:19)
Senam adalah salah satu kegiatan yang berupa latihan gerakan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan agar dapat membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.


2. Menurut Muhajir (2006:71)
Senam adalah salaj satu kegiatan yang utama karena dapat dibilang sangat bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.


3. Menurut Madijono (2010:1)
Senam adalah salah satu kegiatan berupa bentuk dari latihan jasmani yang sistematis, teratur bertahap serta terencana sehingga dapat melakukan gerakan-gerakan yang spesifik agar mampu memberikan manfaat yang berkhasiat untuk tubuh.


4. Menurut Mahendra (2000:14)
Senam adalah suatu bentuk dari kegiatan utama yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik serta kemampuan gerak (motorability).


5. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Senam adalah salah satu bentuk kegiatan yang berupa gerak badan dengan gerakan tertentu seperti menggeliat, menggerakkan dan meregangkan anggota badan.


6. Menurut Sutrisno dan Khadafi (2010:60)
Senam adalah kegiatan yang berupa latihan fisik yang disusun secara sistematis dan bertahap dengan melibatkan beberapa gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan utama dalam meningkatkan kesehatan.

Baca Juga  Renang Adalah

7. Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)
Senam adalah salah satu kegiatan berupa latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang agar dapat meningkatkan daya tahan kelenturan, kekuatan, koordinasi, kelincahan, serta kontrol diri.

 


Sejarah Singkat Senam

Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam merupakan kegiatan yang berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian. Sedangkan Gymnasium adalah sebuah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. Pada zaman itu Gymnastik dilakukan dalam rangka upacara-upacara kepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus.

Pada awal permulaaan abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah-sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr.J.F.Williams, Dr.Dubly sorgen dan Thomas D.Wood.

Frederik Jahn adalah bapak Gymnastik, dia telah memkombinasikan latihan-latihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik. Beliau juga telah menemukan beberapa perelatan senam, diantaranya adalah koordinasi, palang horizontal, palang sejajar dan bak lompat.

Senam di Negara Indonesia sudah lama dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinkan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.


Ciri – Ciri senam

  • Gerakan-gerakan senam selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja.
  • Gerakan-gerakan senam harus selalu tersusun dan sistematis.
  • Gerakan-gerakan senam yang harus selalu berguna agar mampu mencapai tujuan tertentu.

 


Jenis – Jenis Senam

  • Senam lantai Senam lantai

Senam lantai adalah salah satu kegiatan senam yang gerakannya dapat dilakukan di matras dengan gerakan seperti meloncat, melompat, berguling dan berputar di udara serta menumpu pada tangan dan kaki.

  • Senam Akrobatik (Acrobatic Gymnastics)
Baca Juga  Ekstrakurikuler Adalah

Senam akrobatik adalah kegiatan berupa senam yang mengandalkan akrobatik dan tumbling, sehingga latihannya dapat banyak mengandung salto dan putaranya harus mendarat ditempat-tempat yang sulit.

  • Senam Trampoline (Trampolinning)

Senam trampoline adalah pengembangan dari satu bentuk latihan yang dilakukan diatas trampoline.

  • Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif adalah salah satu kegiatan pengembangan dari senam irama yang diiringi oleh musik tertentu sehingga setiap gerakan tubuh disesuaikan dengan irama yang indah.

  • Senam Artistik

Senam artistik adalah salah satu kegiatan berupa jenis senam yang paling populer dan biasanya diperlombakan dalam kegiatan olimpiade olahraga.

  • Senam Umum

Senam umum adalah semua jenis senam selain kelima hal di atas. Maka senam aerobik, senam pagi, dan senam SKJ.

  • Senam Aerobik Sport

Senam aerobik sport adalah pengembangan dari senam aerobik berupa tarian atau kalestenik tertentu, kemudian digabungkan dengan akrobatik yang sulit.

 


Prinsip Latihan Senam

a. Reversibility
Reversibility adalah kontinuitas latihan, bila berhenti berlatih akan tampak tanda-tanda penurunan keterampilan, daya tahan, kekuatan dan lain-lain.

b. Specify
Specify adalah sebuah kekhususan menghilangkan cara latihan yang berdasarkan kira-kira saja, yang mana tubuh dalam aktivitas latihan perlu dapat dikondisikan dengan latihan yang sesuai dengan tubuh.

c. Training effect
Training Effect adalah sebuah kegiatan berupa latihan untuk dapat melakukan aktivitas tertentu, secara bertahap dan progresif sehingga mampu memberikan peningkatan kemampuan keterampilan dan kemampuan jantung serta paru-paru.

d. Progression
Progression adalah tangtanglah kemampuan badan secara bertahap, dan kemudian tingkatan karena akan membantu dalam pembentukan otot.

e. Overload
Overload adalah peningkatan beban latihan dengan meningkatkan intensitas, lamanya atau frekuensi dari suatu tingkatan latihan yang sudah dilakukan.

Baca Juga  Kebugaran Jasmani

 


Manfaat Senam

  • Menjaga tubuh tetap ideal, sehat, dan bugar
  • Menjaga kekuatan otot
  • Meningkatkan keluwesan tubuh
  • Menjaga kelenturan sendi
  • Menghambat Proses Penuaan
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
  • Meningkatkan kelincahan tubuh
  • Menyeimbangkan Osteoblas dan Osteoclast

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Senam : Pengertian, Manfaat, Jenis, Ciri, Sejarah & Prinsipnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :