Bola Voli

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Bola Voli. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Bola Voli


Pengertian Bola Voli

Bola voli adalah salah satu olahraga yang ditandingkan oleh dua tim, yang setiap timnya terdiri dari enam orang pemain. Batas antara kedua tim dibatasi oleh sebuah net penghalang yang dipasang dengan dengan ketinggian tertentu.

Permainan ini memiliki aturan yang berbeda dengan permainan dengan bentuk tim lainnya, dimana setiap pemain memiliki tugas yang berbeda dan disetiap “pindah bola” ada rotasi dalam posisi pemain.

 


Pengertian Bola Voli Menurut Para Ahli

1. Menurut Mahfud Irsyada (1991:183)
Bola voli adalah salah satu permainan yang diadakan secara beregu dimana melibatkan lebih dari satu orang pemain.


2. Menurut Aip Syaifudin dan Muhadi (1991:183)
Bola voli adalah salah satu permainan yang didalam permainannya dimainkan oleh dua regu yang mana masing-masing regu terdiri atas 6 orang pemain, setiap regu berupaya untuk dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan hingga melewati di atas net kemudian sebisa mungkin mencegah pihak lawan agar dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan.


3. Menurut Persatuan bola voli seluruh indonesia (2004- 2008 : 7)
Bola voli adalah olah raga yang di mainkan olehdua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net”. Tujuan dari permainan bola voli yaitu dapat melewatkan bola di atas net agar dapat jatuh menyentuh lantai lawannya. Setiap tim hanya dapat memainkan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola.

 


Sejarah Permainan Bola Voli

Olahraga bola voli diciptakan pertama kali oleh William G. Morgan di sekitar akhir abad 19. William G. Morgan dahulunya bekerja di Young Men’s Christian Association (YMCA) di Massachusetts, khususnya di bidang pendidikan jasmani. William G. Morgan awalnya terinspirasi dari bola basket yang diciptakan oleh James Naismith. William rupanya juga ingin dapat menciptakan sebuah permainan untuk orang-orang tua, yaitu sebuah olahraga yang tidak terlalu menuntut kekuatan fisik seperti berlari.

Pada tahun 1974, pertama kali permainan Bola Voli mengadakan sebuah pertandingan di Polandia dengan peserta yang terbilang sangat banyak. Kemudian di tahun 1984 didirikannyalah sebuah organisasi bola voli internasional atau IVBF yang beranggotakan 15 negara dan berkedudukan di Paris. Organisasi tersebut menjadi awalan dari permainan bola voli yang terdapat di Internasional.

Olahraga bola voli Dunia dinaungi oleh suatu organisasi internasional yang bernama FIVB (Federation internationale de volleyball), sedangkan yang terdapat di Indonesia dinaungi oleh organisasi nasional PBVSI (Persatuan bola voli seluruh Indonesia).

 


Teknik Dasar Bola Voli

1. Teknik Dasar Gerakan Service

Teknik dasar service adalah sebuah pukulan yang dapat dilakukan dari arah garis belakang lapangan permainan bola voli hingga melambung keatas net dan dpat mendarat tepat di dalam daerah lawan. Teknik Service dapat dilakukan saat awal permainan dan dapat juga saat terjadi penambahan point dan terjadi pelanggaran.

  • Teknik service mengapung

Teknik service mengapung atau floating overhand service adalah salah satu bentuk teknik service yang mana bola voli yang melambung tinggi tidak dapat berputar sehingga terlihat mengapung atau mengambang di udara.

Baca Juga  Bola Basket

Service mengapung dapat dilakukan dengan cara:

  1. Berdirilah menghadap lapangan
  2. Posisikan kedua kaki sejajar dengan bahu
  3. Lambungkan bola ke atas (lebih tinggi dari kepala)
  4. Pukul bola di bagian tengah belakang

  • Jumping service

Jumping service adalah salah satu teknik service tersulit dalam permainan bola voli karena selain ketepatan saat memukul bola kita juga harus dapat mempunyai ketepatan dalam melompat untuk melakukan service sehingga tidak terjadinya salah sasaran.

Cara melakukan teknik ini adalah:

  1. Berdirilah agak jauh dari belakang lapangan
  2. Pegang bola dengan kedua tangan
  3. Lambungkan bola kira kira 3 meter dari tanah
  4. Jika merasa mendapat bola saat yang tepat rendahkan badan dan tekuk lutut untuk bersiap melompat setinggi-tingginya agar tepat sasaran
  5. Pukul bola layaknya smash dengan menekuk pergelangan agar menciptakan pukulan topspin

  • Teknik service bawah

Teknik service bawah biasanya dapat dilakukan oleh pemula karena teknik ini merupakan salah satu bentuk teknik yang paling mudah dan umum digunakan untuk para pemula yang ingin mencoba bermain bola voli.

Teknik service bawah dilakukan dengan cara:

  1. Pegang bola dengan tangan kiri sejajar dengan pinggang
  2. Badan sedikit membungkuk
  3. Goyang atau ayunkan tangan kanan untuk memukul bola dengan tangan yang mengepal

  • Overhand around house service

Overhand round-house service memiliki nama lain Hook Service. Service ini tergolong cukup sulit untuk dilakukan. Untuk melakukan service tentunya pemain harus dapat mempunyai ketepatan untuk memukul sasaran bola voli yang terarah ke sih pemain tersebut agar bisa melewati net dan bola harus berputar agar tidak menjadi floating serve.

Cara melakukannya adalah:

  1. Genggam bola di depan badan dengan tangan kiri
  2. Lemparkan bola keatas dan berikan sebuah simpangan yang paling jauh bagi tangan kanan dan lekukkan kaki kiri sedikit
  3. Pukul bola dengan ayunan tangan yang melingkar dari tangan kanan saat posisi sudah tepat kemudian jadikan kaki kiri sebagai tumpuan berat badan agar tidak mudah jatuh saat melakukan hook service

2. Teknik Dasar Gerakan Passing

Teknik dasar gerakan passing atau juga bisa disebut dengan reception adalah salah satu bentuk teknik yang bertujuan untuk menerima, menahan dan mengendalikan bola service dari pemain lawan sehingga teknik passing di bagi menjadi dua macam yaitu passing atas dan passing bawah.

  • Teknik dasar passing atas

Teknik Passing Atas adalah salah satu bentuk teknik yang biasa dapat dipakai hanya untuk memberikan umpan atau set up dari toser ke pemain yang akan melakukan smash, karena itu teknik passing atas ini sangat berguna sekalu dalam permainan bola voli.

Cara yang benar untuk melakukan passing atas:

  1. Bukalah kaki selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk
  2. Kedua tangan berada di depan dahi, kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga. Pandangan pemain yang melakukan passing atas harus fokus pada arah datangnya bola agar mudah mendapat arah sasaran diterimanya bola
  3. Saat bola datang, terima bola dengan jari jari tangan, tekuk pergelangan tangan kedalam. Saat menerima usahakan tangan rileks
  4. Dorong bola dengan cara menggerakan pergelangan tangan kearah luar dan diikuti gerakan meluruskan siku siku
  5. Gerakkan kaki agak menjinjit

  • Teknik dasar passing bawah

Teknik passing bawah juga menjadi salah satu bentuk teknik yang penting bagi pemain pemula agar menjadi pemain yang profesional, Karena teknik ini biasanya hanya dilakukan untuk menerima bola service dan smash dari lawan.

Baca Juga  Renang Adalah

  • Teknik dasar passing bawah dua tangan

Teknik dasar passing bawah biasa dilakukan pada saat bola dirasa akan jatuh tepat di depan pemain. Teknik ini biasanya hanya dilakukan saat menerima service dan smash dari musuh yang masih ada dalam jangkauan namun posisi bola terlalu rendah untuk digapai. Teknik dasar passing bawah dua tangan memiliki 2 macam metode yaitu The Dig dan Thumb Over Palm methode.


  • Teknik dasar passing bawah satu tangan

1. Teknik dasar passing bawah satu tangan adalah suatu bentuk keadaan yang mana jangkauan pemain terlalu jauh dan rendah untuk melakukan passing atas.

2. Teknik ini dilakukan dengan cara badan sedikit dibungkukkan, namun apabila dirasa tetap tidak bisa mencapai jangkauan pemain maka biasanya pemain akan nekad melompat terbang untuk menyelamatkan bola.


3. Teknik Dasar Gerakan Blocking

Teknik Blocking adalah satu satunya teknik yang pilih-pilih pemain. Karena teknik blocking hanya dapat digunakan untuk menahan dan mencegah serangan dari lawan seperti smash.

Cara untuk melakukan teknik blocking secara umum:

  1. Bersiapah di dekat net saat permainan bola voli telah dimulai oleh wasit
  2. Lutut bersiap ditekuk untuk melompat tinggi, setalh itu jangan lupa posisi tangan di depan dada bersiap menghempis bola
  3. Disaat yang tepat lompatlah setinggi mungkin dengan kedua tangan yang rapat dan mengarah keatas. Ingat tangan pemain haruslah rapat agar bola tidak sampai lolos menebus celah tangan pemain
  4. Kemudian mendaratlah dengan kaki sedikit mengeper agar meminimalisir resiko terjadinya cedera pada kaki pemain

4. Teknik Dasar Gerakan Smash atau Spike

Teknik smash atau spike adalah salah satu bentuk gerakan melompat dan memukul bola voli dengan ukuran derajat kemiringan terkecil dan kekuatan yang paling besar kearah daerah lawan agar lawan tidak dapat menghelaunya.

cara melakukan Smash adalah:

Tahap pertama : Pemain harus mengambil jarak sekitar 3 meter dari letak bola umpan akan melambung. Kemudian ambil langkah sedikit lebar dengan satu kaki disusul kaki yang lain di sebelahnya. Dikuti dengan gerakan tangan dijulurkan ke depan diayunkan ke belakang.
Loncatan : Pemain harus meloncat setinggi mungkin. Saat meloncat pastikan tangan terayun kedepan lalu keatas dan bersiap melakukan smash balik kearah lawan.
Pukulan : Pukul bola ke daerah lawan dengan sedikit gerakan yang akan membuat lawan terkecoh.
Pendaratan : Mendaratlah dengan sedikit mengeper agar mengurangi resiko terkena cedera atau keseleo pada kaki pemain.

 


Peraturan Bola Voli

1. Peraturan Sistem Pertandingan

Sistem pertandingan dalam peraturan permainan bola voli adalah dengan menggunakan sistem setengah kompetisi, yaitu terdiri dari 8 tim yang akan dibagi ke dalam 2 kelompok. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 4 tim. Setiap tim masih dibagi lagi menjadi 10 pemain, yaitu 10 pemain inti di lapangan dan 4 pemain cadangan.

Pergantian antara pemain inti dan cadangan tidak dibatasi. Meskipun demikian, setiap tim harus bertukar sisi lapangan pada saat babak terakhir. Apabila ditentukan babak penentuan, maka tim yang mendapat nilai terendah diizinkan untuk meminta bertukar lapangan sesaat tim lawan mencapai angka 13.

Adapun sistem perhitungan dalam peraturan permainan bola voli adalah:

  • Tersedia 25 rally point
  • Apabila hasil imbang, misalkan 24-24, maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Apabila peserta pertama telah berhasil lebih dulu dengan selisih 2 poin, maka dari itu tim peserta pertamalah yang memenangkan pertandingan dalam permainan bola voli
  • Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapatkan poin atau nilai 1
  • Kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan akan digunakan sebagai penetuan juara pertama dan runner-up apabila terdapat kasus dalam 2 buah tim atau lebih yang mendapatkan poin atau nilai sama.
Baca Juga  Sepak Bola

2. Peraturan Perhitungan Angka

Perhitungan angka terjadi jika:

  • Pihak lawan bisa memasukkan bola ke dalam area lapangan Anda, itu artinya tim Anda telah kehilangan bola sementara tim lawan mendapatkan nilai atau point.
  • Servis wajib dilakukan dengan cara melewati net dan juga wajib masuk ke daerah lawan. Jika itu tidak terjadi, maka lawan akan mendapatkan nilai atau point.

 


Posisi Pemain Bola Voli

  • Set-upper atau tosser

Set-upper atau tosser adalah seorang pengatur tim. Tugas seorang tosser adalah mengumpan bola ke arah sesama tim yang memiliki posisi sebagai spiker. Umpan dari pemain ini bertujuan agar spiker atau smasher dapat melakukan smash. Posisi tosser selalu berada di depan.

  • Defender

Tugas utama seorang defender adalah untuk dapat menerima serangan dari arah lawan pemain.

  • Spiker (smasher)

Seperti juga namanya, smasher atau spiker memiliki tugas untuk melakukan pukulan smash atau serangan. Seorang smasher wajib memahami teknik smash dan juga blocking agar dapat menghasilkan poin maksimal dalam permainan ini. Posisi smasher ini terletak di bagian depan, tepatnya pada posisi 2 dan 4.

  • Libero

Libero mempunyai tugas untuk menerima dan juga menahan serangan dari lawan. Teknik dasar permainan bola voli yang wajib dikuasai oleh libero adalah passing, Karena baik passing atas maupun passing bawah. Meskipun posisi libero bisa dimana saja dan bebas keluar masuk, Tetapi seorang libero tidak boleh melakukan smash dan juga blocking.

 


Standar Bola

Standar bola yang digunakan adalah bola harus terbuat dari bahan kulit lunak atau sintetis, berdiameter 65-67 cm dan massa 260-280 gram, dengan kombinasi warna sesuai ketentuan.

 


Ukuran Lapangan Bola Voli

  1. Standar lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter, dimana batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah dengan garis tepi lapangan berukuran 5 cm.
  2. Sedangkan tinggi net adalah 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk tim putri, dengan lebar net 1 meter dan jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh 0,5 – 1 meter.

 


Aturan dan Larangan Umum Dalam Bola Voli

  1. Dalam pertandingan voli tidak ada batasan pergantian pemain.
  2. Servis dilakukan dari luar lapangan, tidak boleh menginjak atau melewati garis lapangan.
  3. Para pemain wajib menggunakan kaos kaki dan sepatu karet yang sesuai standar.
  4. Setiap tim hanya boleh melakukan 1 kali timeout dalam setiap babak.
  5. Bola tidak boleh dilempar maupun ditangkap, hanya boleh dipantulkan dengan menggunakan tangan, kepala, atau kaki.
  6. Pertandingan dapat dilakukan selama 3 babak (2 kemenangan) atau 5 babak (3 kemengangan).
  7. Saat pertandingan berjalan, pemain tidak diperbolehkan menyentuh net maupun melewati batas tengah lapangan, dan jika hal tersebut dilanggar maka tim lawan akan mendapatkan poin.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Bola Voli : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Ukuran Lapangan & Posisinya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :