Ekstrakurikuler Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Ekstrakurikuler. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Ekstrakurikuler


Pengertian Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan atau kegiatan yang dilakukan oleh siswa di luar jam sekolah baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Ini dimaksudkan agar siswa memperoleh keterampilan tambahan, wawasan, dan pengetahuan sebagai siswa pembangun karakter yang sesuai dengan bakat dan minat individu.

 


Pengertian Ekstrakurikuler Menurut Para Ahli

1. Menurut Depdiknas (2003: 16)
Ekstrakurikuler adalah suatu bentuk kegiatan yang dapat diselenggarakan untuk memenuhi sebuah tuntutan penguasaan bahan kajian dan pelajaran dengan adanya alokasi waktu yang mudah diatur secara tersendiri berdasarkan kebutuhan.


2. Menurut Rusli Lutan (1986:72)
Ekstrakurikuler adalah bagian internal dari proses belajar yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan anak didik.


3. Menurut KBBI (2002:291)
Ekstrakurikuler adalah suatu bentuk kegiatan yang berada diluar program yang telah tertulis di dalam kurikulum contohnya seperti latihan kepemimpinan dan pembinaan siswa.


4. Menurut Subagiyo (2003: 23)
Ekstrakurikuler adalah suatu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan di luar jam pelajaran (tatap muka) baik dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah untuk dapat lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan mengetahui kemampuan yang telah dimiliki siswa dari berbagai bidang studi.


5. Menurut M. Yudha (1998:8)
Ekstrakurikuler adalah suatu program di luar jam pelajaran sekolah yang dikembangkan untuk memperlancar program kurikuler dengan kegiatan ini dapat berjalan lancar.

Baca Juga  Sepak Bola

 


Jenis – Jenis Ekstrakurikuler

a. Ekstrakurikuler Pilihan
Ekstrakurikuler Pilihan adalah program yang dipilih adalah program seleksi ekstrakurikuler di mana siswa dapat berpartisipasi tergantung pada bakat dan minat masing-masing.


b. Ekstrakurikuler Wajib
Ekstrakurikuler wajib adalah program kegiatan luar sekolah yang harus diikuti oleh semua siswa, dengan pengecualian siswa dengan kondisi tertentu yang tidak mengizinkan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.

 


Fungsi Ekstrakurikuler

1. Fungsi Sosial
Fungsi sosial adalah kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik. Kompetensi sosial sangat mudah dikembangkan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat memperluas pengalaman sosial, praktek keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.


2. Fungsi Persiapan Karir
Fungsi persiapan karir adalah kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.


3. Fungsi Pengembangan
Fungsi pengemabngan adalah salah satu bentuk dari kegiatan ekstrakurikuler yang berfungsi untuk dapat mendukung perkembangan personal peserta didik melalui adanya perluasan minat, pengembangan potensi, pelatihan kepemimpinan dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter.


4. Fungsi Rekreatif
Fungsi rekreatif adalah suatu bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dilakukan dalam suasana rileks, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga dapat menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler ini juga harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.

 


Manfaat Ekstrakurikuler

  • Dapat menciptakan suasana rileks, gembira dan menyenangkan
  • Wadah untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah dimiliki siswa
  • Upaya memupuk dan mengembangakan rasa tanggungjawab pribadi yang tinggi dengan adanya nilai sosial siswa
  • Dapat memberikan bekal untuk mempersiapkan karir siswa
  • Anak akan belajar cara mengatur waktu
  • Akan memiliki kemampuan sosial yang baik
  • Memperkuat kekuatan mental dan jiwa siswa
  • Akan terhindar dari risiko stres
Baca Juga  Kebugaran Jasmani

 


Tujuan Ekstrakurikuler

  • Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat mengembangkan bakat dan minat peserta didik sehingga dapat dilakukannya upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.
  • Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat lagi meningkatkan psikomotor peserta didik, kemampuan kognitif dan afektif.

 


Prinsip Ekstrakurikuler

  • Menyenangkan

Menyenangkan adalah prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan peserta didik.

  • Individual

Individual prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat peserta didik masing-masing.

  • Etos Kerja

Etos kerja adalah prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.

  • Keterlibatan Aktif

Keterlibatan aktif adalah rinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh.

  • Kemanfaatan Sosial

Kemnafaatan sosial adalah prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.

  • Pilihan

Pilihan adalah prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.

 


Contoh Ekstrakurikuler

a. Ekstrakurikuler Seni Music
Ekskul seni music berguna bagi kamu yang suka bermain alat music maupun bernyanyi sehingga dapat menjadi tempat untuk berlatih. Ekskul seni music yang banyak disukai seperti band, paduan suara, marching band.


b. Ekstrakurikuler Seni Beladiri
Ekskul seni beladiri dapat membuat kita menjadi kuat, ini sangat penting terutama perempuan sehingga dapat menjaga diri sendiri dari gangguan orang jahat. Ekskul beladiri yang banyak disukai seperti karate, silat, merpati putih, taekwondo.


c. Ekstrakurikuler Media
Ekskul media adalah satu ekskul yang menyangkut berbagai hal multimedia. ekskul media yang paling banyak disukai diantaranya. Contohnya: Mading, fotografi dan sinemafotografi.


d. Ekstrakurikuler Olahraga
Ekskul olahraga memang menyenangkan selain itu juga menyehatkan ekskul olahraga yang banyak disukai seperti sepak bola, basket, volley, dan bulu tangkis.

Baca Juga  Bola Voli

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Ekstrakurikuler : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, Tujuan, Prinsip & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :