Bulu Tangkis

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Bulu Tangkis. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Bulu Tangkis


Pengertian Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah sebuah olahraga raket yang dalam permainannya dilakukan oleh dua orang yaitu satu lawan satu untuk permainan tunggal. Ataupun permainan ganda memakai dua pasangan yang saling berlawanan

 


Pengertian Bulu Tangkis Menurut Para Ahli

1. Menurut Grice Tony (1996: 1)
Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang terkenal di dunia. Olahraga ini menarik minat berbagai kelompok umur, berbagai tingkat ketrampilan, baik pria maupun wanita memainkan olahraga ini di dalam atau di luar ruangan untuk rekreasi juga sebagai persaingan.


2. Menurut Depdikbud (1978/1979: 129)
Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan yang aturan permainannya telah di batasi dengan garis-garis dalam ukuran yang panjang dan lebar yang sudah ditentukan dalam aturan bulu tangkis.


3. Menurut Herman Subardjah (1999: 13)
Bulu tangkis adalah permainan yang bersifat individu yang dapat di lakukan dengan cara satu orang melawan satu orang atau dua orang melawan dua orang.

 


Sejarah Bulu Tangkis

Permainan olahraga bulu tangkis ini kemungkinan hanya berkembang pada Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu, akan tetapi juga telah disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Tiongkok. Kemudian seiringnya dengan perkembangan dalam permainan bulu tangkis juga dikenal luas oleh masyarakat dunia pada abad pertengahan di Inggris, yaitu salah satu permainan tradisional anak-anak setempat yang bernama battledore dan shuttlecocks.

Anak-anak pada waktu itu biasanya hanya dapat memakai dayung atau juga tongkat dan bersiasat bersama untuk menyusun strategi agar mampu menjaga kok tetap diudara dan mencegah kok agar tidak menyentuh tanah.

Kejuaraan pertama dalam Permainan bulu tangkis diciptakan oleh tentara Inggris di Pune, India pada abad ke-19. Di mana dengan menambahkan jaring dan memainkan secara bergantian. Kejuaraan bulu tangkis tidak resmi seluruh Inggris untuk pria diadakan pada 1899. Kejuaraan bulu tangkis untuk wanita diadakan pada 1820.

Baca Juga  Sepak Bola

Di tahun 1951, terbentuklah Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang menaungi aktivitas badminton di dalam negeri. Sampai saat ini, badminton telah menjadi salah satu olahraga kebanggaan Indonesia karena mampu bersaing dengan atlet-atlet mancanegara.

 


Teknik Dasar Bulu Tangkis

a. Teknik Cara Memegang Raket (Grip)
Teknik paling dasar dalam permainan olahraga bulu tangkis adalah cara memegang raket. Hal ini juga merupakan  faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang dihasilkan saat melakukan servis.

Ada 2 jenis teknik memegang raket, yaitu:

1. Teknik Backhand

  • Posisi kepala raket menyamping
  • Posisi ibu jari sedikit terpisah dengan keempat jari lainnya
  • Empat jari (jari manis, jari telunjuk, jari tengah dan kelingking) memegang

2. Teknik Forehand

  • Posisi kepala raket menyamping
  • Pegang raket seperti halnya ketika kita berjabat tangan dengan orang lain
    antara ibu jari dan jari telunjuk terdapat jarak yang berbentuk seperti huruf V
  • Jari yang lainnya (kelingking, jari manis, jari tengah) menggenggam raket

b. Teknik Sikap dan Posisi Badan
Teknik dasar dalam permainan bulu tangkis adalah dengan melakukan sikap dan posisi badan yang merujuk pada konsep keseimbangan. Tidak hanya kelincahan saja, namun keseimbangan juga merupakan unsur yang tak kalah penting dalam permainan olahraga bulu tangkis.

Cara-cara yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Tekuk atau bengkokkan kedua lutut, kemudian berdiri dengan ujung kaki hingga pinggang berada pada posisi tegak.
  2. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi sejajar atau salah satu kaki berada di depan.
  3. Salah satu lengan siku yang tidak memegang raket berada di samping badan, agar tangan lainnya yang memegang raket bebas bergerak.
  4. Posisikan badan bertumpu pada kedua kaki kanan dan kiri (hal ini berlaku pada saat menyerang ataupun bertahan).

c. Teknik Pukulan
Jenis pukulan yang lazim biasanya digunakan dalam permainan olahraga bulu tangkis atau badminton adalah teknik forehand.

Cara-cara melakukan pukulan, yaitu:

  • pegang raket dengan cara pegangan raket teknik forehand
  • posisi kaki kanan dan kiri menyilang (kaki kanan di belakang dan kaki kiri berada di depan)
  • miringkan badan ke sebelah kanan
  • pukul shuttlecock sambil menggerakkan bahu ke depan
  • biarkan tangan bergerak terus ke bawah
  • ketika anda ingin melakukan pukulan clear, maka pukullah shuttlecock sekeras mungkin
Baca Juga  Ekstrakurikuler Adalah

d. Teknik Service
Teknik service dalam permainan bulu tangkis dapat dilakukan dengan cara mengarahkan shuttlecock ke kanan, kiri, depan ataupun belakang pemain lawan.

Teknik servis sendiri ada 3 macam, yaitu:

  • Forehand Tinggi

Teknik forehand ini dapat dilakukan agar membuat kok dapat melambung tinggi dan jatuhnya cukup jauh dari area net. Teknik ini juga bertujuan agar kok bisa jatuh di belakang pemain lawan sehingga mereka kesulitan dalam menggapainya.

  • Forehand Pendek

Pemain memukul kok dengan tidak begitu kuat. Akibatnya, kok meluncur dan akan jatuh di sekitar net atau di area depan tim lawan.

  • Backhand

Servis backhand dilakukan dengan tenaga sedang. Tujuannya agar kok dapat jatuh di dekat garis serang lawan dan mendarat setelah sedikit melewati net. Hal ini juga bertujuan agar lawan kesulitan mengembalikan serangan.


e. Teknik Smash
Teknik smash merupakan suatu teknik gerakan yang bersifat menyerang dan bertujuan untuk mematikan pergerakan pemain lawan. Pukulan smash yang terbaik akan tercipta apabila pemain melakukannya dengan lompatan yang tinggi, karena dalam posisi seperti itu kita bisa mendapatkan posisi pukulan smash yang sempurna. Pukulan smash ini dapat dilakukan dengan penuh tenaga dan shuttlecock dipukul mengarah ke arah bawah area lawan.


f. Teknik Dropshot
Dropshot merupakan salah satu gerakan yang termasuk dalam olahraga bulu tangkis yang sifatnya hampir sama dengan gerakan smash tetapi dropshoot dilakukan dengan versi lembut dari gerakan smash. Gerakan dropshot juga merupakan gerakan yang bersifat menyerang yang tujuannya tentu untuk dapat mematikan pergerakan pemain lawan.

Berbeda dengan gerakan smash yang telah dilakukan dengan penuh tenaga, dropshot merupakan kebalikannya karena dilakukan dengan sentuhan halus atau sedikit dorongan. Target jatuhnya shuttlecock saat pemain melakukan gerakan dropshot ini adalah berada tak jauh dari net.

 


Peraturan Bulu Tangkis

  1. Peraturan berlaku untuk segala sesuatu yang saling berkaitan dengan permainan bulu tangkis, seperti peralatan, perlengkapan dan partai yang berkepentingan. Yang dimaksud dengan partai yang berkepentingan seperti produsen peralatan.
  2. Dalam permainan bulu tangkis pemain juga dapat dibedakan menjadi beberapa partai. Dari beberapa partai tersebut dapat dibedakan kembali menjadi dua, yaitu partai tunggal dan partai ganda. Pembagian partai tersebut juga berlaku pada partai putra dan putri.
  3. Peraturan permainan harus sesuai dengan peraturan yang diterbitkan oleh IBF.
Baca Juga  Renang Adalah

 


Perlengkapan Bulu Tangkis

1. Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

  • Panjang lapangan :13,40 m
  • Lebar lapangan : 6,10 m
  • Jarak garis servis depan dari garis net adalah 1,98 m
  • Sela garis servis tengah dari garis samping lapangan adalah 3,05 m
  • Jangka garis servis belakang (untuk pemain ganda) dari garis belakang lapangan adalah 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan adalah 0,46 m
  • Tinggi tiang net :1,55 m
  • Tinggi net :1,52 m

2. Peralatan Bulu Tangkis

  • Kok

Kok terbuat dari enam belas helai bulu yang ditancapkan pada gabus berdiameter 25–28 mm. Berat standar kok adalah sekitar 4,74–5,5 gram, sedangkan tinggi kok antara 64–74 mm.

  • Raket

Raket memiliki panjang maksimal 68 cm dan lebar 22 cm. Panjang kepala raket atau area senar adalah 28 cm dengan lebar 22 cm. Raket bisa terbuat dari kayu atau aluminium dengan berat tak lebih dari 150 gram.


3. Jumlah Pemain

  • Ganda, yaitu satu tim terdiri dari dua orang.
  • Ganda campuran, yaitu satu tim terdiri dari 2 orang, 1 putra dan 1 putri.
  • Tunggal, yaitu satu lawan satu dan bisa dimainkan oleh putra maupun putri.

 


Pelanggaran Bulu Tangkis

  • Saat menerima servis, pemain sudah bergerak dulu sebelum kok berhasil dipukul.
  • Saat melakukan/menerima servis, pemain menginjak garis batas lapangan.
  • Kok jatuh di luar lapangan atau meluncur lewat bawah net.
  • Kok dipukul dua kali, baik oleh satu maupun dua pemain dalam satu tim.
  • Saat melakukan pukulan, raket melewati net dan masuk ke area tim lawan.
  • Pemain secara sengaja melakukan hal yang mengganggu tim lawan.
  • Kok menyangkut di net.
  • Raket menyentuh net saat memukul kok.
  • Pemain secara sengaja melakukan hal yang mengganggu tim lawan.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Bulu Tangkis : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Perlengkapan & Pelanggarannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :