√ Tulang Rusuk : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Jenis Penyakitnya Lengkap

Diposting pada

√ Tulang Rusuk : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Jenis Penyakitnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang tulang rusuk. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Tulang Rusuk : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Jenis Penyakitnya Lengkap
√ Tulang Rusuk : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Jenis Penyakitnya Lengkap

 


 

Pengertian Tulang Rusuk

 

Pada anatomi, tulang rusuk atau iga (costae) merupakan tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk. Tulang rusuk melindungi dada (thorax), paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya di rongga dada.

Pada mamalia, tulang rusuk berada hanya pada bagian dada. Namun pada reptil, tulang rusuk seringkali terdapat dari bagian leher sampai sacrum. Dan ada juga beberapa jenis ikan yang dapat memiliki hingga 4 rusuk pada setiap tulang punggung.

Manusia baik pria maupun wanita mempunyai 24 tulang rusuk (12 pasang). Hal tersebut pertama kali dikemukakan oleh Vesalius pada tahun 1543 untuk menyelesaikan kontroversi yang sedang berlangsung pada waktu itu.

Tulang rusuk (costa) ini merupakan tulang penyusun rangka manusia yang melengkung dan kemudian membentuk bagian besar dari kerangka dada, ada 12 rusuk tulang yang berbaris di setiap sisi kiri dan sisi kanan dan berjejer ke bawah. Dibatasi yang disebut ruas antar costa.

Baca Juga  √ Tulang Belakang : Pengertian, Fungsi dan Struktunya Lengkap

 


 

Struktur Tulang Rusuk

 

Tulang rusuk memiliki jumlah 24 (12 pasang) yang berpasangan dari sisi kiri dan sisi kanan. Namun, tidak sedikit manusia yang mempunyai satu tambahan tulang rusuk serta ada yang kekurangan 1 tulang rusuk.

7 pasang tulang rusuk pertama melekat di bagian depan dada, tulang yang kuat berada bagian tengah dada dan set sisa dari tulang rusuk tidak melekat ke sternum langsung. 3 pasang yang lain terletak di tulang rawan pada tulang rusuk, dua set terakhir dari tulang rusuk disebut rusuk mengambang sebab tulang rusuk tersebut tidak terhubung ke sternum tulang rusuk.

 


 

Bagian Tulang Rusuk

 

  • Tulang Rusuk Sejati

Tulang rusuk sejati memiliki jumlah 14 atau 7 pasang, tulang rusuk ini terletak di bagian belakang yang bersambungan langsung dengan ruas tulang belakang sedangkan ujung depannya berhubungan dengan bagian tulang dada dengan perantara dibantu tulang rawan.

 

  • Tulang Rusuk Palsu

Tulang rusuk palsu memiliki jumlah 6 atau 3 pasang, tulang rusuk ini mempunyai ukuran sangat pendek apabila dibandingkan tulang rusuk sejati, tulang ini bersambungan langsung dengan ruas tulang belakang sedangkan ke-3 ujung tulang depan disatukan dengan tulang rawan yang kemudian melekat pada satu titik ditulang dada.

 

  • Tulang Rusuk Melayang

Tulang rusuk melayang memiliki jumlah 4 atau 2 pasang, tulang rusuk ini sama seperti tulang sejati yang berada di bagian paling belakang yang berhubungan dengan bagian ruas-ruas tulang belakang namun ujung depannya bebas atau tidak terhubung dengan bagian tulang yang lainnya.

 


 

Fungsi Tulang Rusuk

  • Berfungsi untuk melindungi organ-organ penting seperti jantung, hati dan paru-paru serta organ lain yang berada di rongga dada.
  • Berfungsi untuk membantu pernafasan saat otot-otot interkostal mengangkat dan menurunkan tulang rusuk, membantu dan menghembuskan nafas. Dan juga, mempunyai kerangka sebagai kerja otot dada, punggung, dan perut juga korset bahu atas dapat menempel, diafragma juga melekat pada batas bawah tulang rusuk.
  • Tanpa tulang rusuk maka manusia tidak dapat bernafas dengan lancar dan juga bila tidak ada tulang rusuk tidak ada pelindung bagi organ penting yang ada pada tubuh manusia.
  • Sebagai Suatu dukungan, respirasi dan perlindungan.
Baca Juga  √ Sendi : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Komponennya Lengkap

 


 

Penyakit Pada Tulang Rusuk

 

Sama seperti dengan bagian tubuh lainnya, tulang rusuk juga bisa terjangkit atau mengalami masalah yang membuatnya terasa begitu sakit. Berikut beberapa kondisi medis, yaitu :

 

  • Cedera

Cedera pada tulang iga bisa terjadi saat terjatuh maupun mengalami kecelakaan yang menyertakan benturan keras tepat dibagian dada tersebut. Keadaan cedera ini dapat menyebabkan tulang iga memar bahkan hingga patah, tergantung atas seberapa keras benturan yang terjadi.

 

  • Kostrokondritis

Kostokondritis ialah suatu peradangan pada tulang rawan (kartilago) yang melindungi tulang rusuk, dan dapat menimbulkan rasa nyeri.

Kondisi ini umumnya terjadi pada bagian tulang rawan dimana bersambungan langsung dengan tulang dada.

Rasa sakit yang disebabkan oleh kostokondritis ini berbeda-beda, melainkan dapat berkisar mulai dari tingkat ringan hingga berat.

Gejala yang muncul dari kondisi ini pun beragam jenis, seperti :

menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman pada bagian dada, merasakan sesak napas ataupun kesulitan bernapas dan juga nyeri saat batuk, bersin, maupun sekadar bernapas lebih dalam.

 

  • Peradangan Selaput Dada

Peradangan selaput dada atau dikenal dengan pleuritis, merupakan keadaan yang berlangsung pada pleura. Pleura merupakan lapisan tipis dimana membungkus dinding dada dan paru-paru. Biasanya, lapisan pleura berperan untuk menghasilkan cairan (pleural fluid) atau yang disebut dengan cairan serous.

Cairan ini nantinya akan berguna sebagai pelumas pada bagian dalam rongga paru supaya tidak mudah mengalami suatu iritasi, terutama selama paru-paru mengembang ataupun mengempis saat bernapas. Namun, dengan terjadinya peradangan pada bagian ini dapat menimbulkan rasa sakit yang kuat pada tulang iga tersebut.

 

  • Kanker paru

Salah satu gejala yang ditandai dari kanker paru ialah timbulnya rasa nyeri pada bagian tulang rusuk.

Baca Juga  √ Slogan : Pengertian, Contoh, Ciri, Tujuan dan Macam Secara Lengkap

Rasa nyeri yang membuat tidak nyaman tersebut umumnya akan semakin memburuk saat sedang bernapas, batuk, bersin, maupun tertawa.

Selain itu, gejala lain yang juga harus diwaspadai ialah munculnya atau adanya darah pada saat batuk atau dahak, sesak napas, serta napas berbunyi.

 

 


 

Demikianlah bahasan kita mengenai tulang rusuk. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Tulang Rusuk : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Jenis Penyakitnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya