√ Batang : Pengertian, Struktur, Sifat dan Fungsinya Lengkap

Diposting pada

√ Batang : Pengertian, Struktur, Sifat dan Fungsinya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang batang. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Batang : Pengertian, Struktur, Sifat dan Fungsinya Lengkap
√ Batang : Pengertian, Struktur, Sifat dan Fungsinya Lengkap

 


 

Pengertian Batang

 

Batang (caulis) ialah suatu bagian dari organ dasar pada tumbuhan berpembuluh. Batang juga merupakan sumbu tumbuhan, tempat semua organ lain pada tumbuhan untuk tumbuh.

Batang merupakan bagian kedua dari organ tumbuhan sesudah akar. Batang bersatu dengan akar meneruskan sari makanan yang dibawa oleh akar melalui jaringan pengangkut. Batang pada umumnya terletak di atas permukaan tanah.

Titik tumbuh batang biasanya tidak memiliki pelindung yang khusus, namun balutan bakal daunnya memiliki fungsi sebagai pelindung. Pada ujung batang terdapat 3 daerah perkembangan seperti pada ujung akar.

 


 

Struktur Batang

 

  • Epidermis

Epidermis ialah batang yang tersusun dari lapisan sel yang rapat tanpa ada ruang antarsel dan kutikula. Sel penyusun jaringan epidermis selalu aktif membelah diri untuk mengimbangi perkembangan batang. Fungsi epidermis yang paling utama yaitu sebagai lapisan yang bisa melindungi dari ancaman kekeringan.

Batang tanaman dikotil memiliki lapisan epidermis yaitu kulit kayu yang tercipta dari jaringan gabus. Jaringan gabus tidak bisa ditembus oleh air dan gas. Maka dari itu, jaringan gabus memiliki celah berupa inti sel yang berfungsi untuk memelihara perubahan gas.

Baca Juga  √ Hewan Amfibi : Pengertian, Jenis, Ciri dan Strukturnya Lengkap

 

  • Korteks

Korteks ialah suatu susunan dari jaringan parenkim dan kloroplas. Sel dinding pada jaringan ini sangatlah tipis dan tersusun secara fleksibel sebab ruang antarsel yang sedikit lebar. Sebagian jenis tanaman rumput mempunyai jaringan sklerenkim untuk penguat korteks batang, sementara untuk tanaman jenis pinus (konifer) umumnya tidak memiliki jaringan penguat.

 

  • Endodermis

Endodermis ialah suatu lapisan korteks terdalam yang berbatasan dengan silinder pusat memiliki sel berbentuk dan tersusun secara khusus. Lapisan sel yang berbatasan antara korteks dengan silinder pusat diakar yang dinamai endodermis. Namun, lapisan serupa yang ada pada batang banyak terkandung butiran zat tepung. Maka dari itu, endodermis batang disebut juga dengan sarung tepung atau floeoterma.

 

  • Silinder Pusat

Silinder pusat atau stele ialah susunan dari beberapa jaringan, yaitu empulur, berkas pengangkut, serta kambium. Kambium atau perisikel sendiri merupakan lapisan sel yang bertepi dari silinder pusat. Dibagian dalamnya ada jaringan parenkim dan berkas pembuluh pengangkut.

Berkas pengangkut meliputi xilem dan floem yang merupakan terusan dari xilem dan floem diakar. Empulur berada pada bagian tengah atau inti batang yang tersusun dari jaringan parenkim.

Pada sebagian batang tanaman terdapat empulur yang mengalami kerusakan selama masa pertumbuhan sehingga banyak yang terbentuk ruang antarsel. Batang tanaman tertentu mempunyai saluran getah yang ada didalam silinder pusat.

 


 

Sifat – Sifat Batang

 

  • Pertumbuhan batang umumnya tidak terbatas
  • Batang mempunyai sifat arah pertumbuhan keatas dan kemudian menuju cahaya atau bersifat fototropi.
  • Pada tumbuhan berbiji terbuka (Gymnorspermae) hanya terdiri dari tumbuhan berkayu
  • Pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) terdiri dari tumbuhan berbatang basah, batang rumput, batang mendong dan batang berkayu.
  • Batang mempunyai ruas-ruas yang jelas pada tumbuhan monokotil.
  • Batang mempunyai ruas yang tak nampak dengan jelas pada tumbuhan dikotil.
Baca Juga  √ Daun : pengertian, Fungsi, Struktur dan Jenisnya Lengkap

 


 

Modifikasi Batang

 

Batang bisa mempunyai fungsi tambahan, yang berdampak pada berubahnya bentuk (morfologi) dari bentuk dasar menjadi bentuk yang lain. Berikut ini bentuk modifikasi batang,yaitu :

 

  • Bonggol : pangkal batang atau batang bulat pendek yang terletak tepat di bawah permukaan tanah. Bonggol yang memiliki peran tambahan sebagai tempat cadangan energi disebut sebagai bonggol umbi (cormus).

 

  • Geragih (stolo) : merupakan suatu cabang khas yang melebar di permukaan atau di bawah permukaan tanah dengan ruas yang panjang dan pada ruasnya kemudian timbul tunas daun

 

  • Rimpang (rhizom) : yaitu batang mendatar, gemuk, dan terletak di permukaan tanah atau di bawah permukaan, dengan ruas-ruas pendek.

 

  • Umbi batang (tuber) : pembengkakan geragih atau rimpang sebab bertambah perannya sebagai penyimpan cadangan energi.

 

  • Batang membulat yang mempunyai peran sebagai organ sukulen (penyimpan air) disebut sebagai caudex.

 

  • Cakram pada umbi lapis, suatu bentuk batang yang sangat pendek dan menjadi penyangga dari pangkal daun sukulen.

 


 


Jenis – Jenis Batang Tumbuhan

 

  • Batang basah atau herbaceous ialah batang tumbuhan yang lemah dan berair. Contohnya : tumbuhan krokot dan bayam.

 

  • Batang rumput atau calmus ialah batang tumbuhan yang tidak keras dan nampak beruas-ruas. Bagian dalam batang calmus pada umumnya berongga. Contohnya : tumbuhan calmus yaitu padi.

 

  • Batang mendong atau calamus ialah batang tumbuhan yang mirip seperti rumput, namun ruasnya lebih panjang. Contohnya : batang pada tumbuhan mendong dan wingi.

 

  • Batang berkayu atau lignosus ialah jenis batang tumbuhan yang berkayu keras dan kokoh. Baik itu berbentuk pohon maupun semak. Contohnya : jati (dalam bentuk pohon), sidoguri (dalam bentuk semak).
Baca Juga  √ Memo : Pengertian , Ciri , Jenis dan Contohnya Lengkap

 


 

Fungsi Batang

 

  • Berfungsi sebagai penopang bagian tubuh pada suatu tumbuhan dengan berdiri tegak lurus ke atas.
  • Berfungsi sebagai alat pengangkut air dan garam mineral yang berada pada bagian Akar, kemudian akan menyebar ke seluruh bagian Daun, melalui pembuluh Xilem, pada saat proses Fotosintesis.
  • Berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan sewaktu kehabisan bahan makanan untuk dikonsumsi.
  • Berperan sebagai alat Pernafasan pada tumbuhan untuk memperoleh (O²) Oksigen melalui Lentisel dan melepaskan (CO²) Karbondioksida.

 

 

 



Demikianlah bahasan kita mengenai batang. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Batang : Pengertian, Struktur, Sifat dan Fungsinya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya