√ Tulang Dada : Pengertian, Struktur dan Fungsinya Lengkap

Diposting pada

√ Tulang Dada : Pengertian, Struktur dan Fungsinya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang tulang dada. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Tulang Dada : Pengertian, Struktur dan Fungsinya Lengkap
√ Tulang Dada : Pengertian, Struktur dan Fungsinya Lengkap

 


 

Pengertian Tulang Dada

 

Tulang Dada merupakan bagian penting dari tubuh yang memiliki fungsi untuk membentuk postur dan memberikan tampilan indah bagi pemiliknya. Tulang dada memiliki peran penting dalam melindungi organ vital dalam dada dan membentuk posisi manusia. Tulang dada merupakan tulang pipih yang berada pada bagian tengah dada. Pada sisi kanan ada lekat tempat menempelnya tulang rusuk. Tulang dada dan tulang rusuk mampu melindungi jantung, paru-paru dan pembuluh darah besar.

 


 

Struktur Tulang Dada

 

Tulang dada mempunyai beberapa bagian yang mampu melindungi manusia. Berikut ini merupakan beberapa bagian tulang dada di antaranya :

 

  • Tulang Hulu (Kepala)

Tulang satu ini terletak di bagian paling ujung atas di tulang dada. Selain itu di dalam tulang tersebut mempunyai persendian. Hal ini disebabkan tulang tersbeut sebagai tempat untuk melekatkan rusuk ke satu dan ke dua.

Walaupun ini merupakan tulang dada tetapi di dalam anatomi tubuh manusia umumnya tulang hulu ini di sebut sebagai tulang kepala. Hal ini karena dari letaknya yang berada di paling ujung atas.

Baca Juga  √ Tulang Belakang : Pengertian, Fungsi dan Struktunya Lengkap

Setiap tulang mempunyai sifat dan kekerasan masing – masing. Tulang hulu ini mempunyai sifat yang cukup kuat dan kokoh.

Organ yang di lindungi oleh tulang dada merupakan organ dalam yang sangat rawan dan menjadi peran utama kehidupan manusia.

 

  • Tulang Badan

Tulang badan yaitu tulang dada yang terletak di tengah. Pada tulang ini terjadi keadaan dimana tulang – tulang rusuk anda menempel dan bergabung di antara tulang rusuk terbebut. Bentuk dari tulang badan ini ialah pipih dan sedikit lebar. Tulang dada juga memiliki sifat yang sangat kuat sehingga dapat menjadi penompang tulang rusuk anda dengan sempurna.

 

  • Tulang Taju Pedang

Tulang ini merupakan salah satu tulang yang menjadi bagian tulang dada. Tulang tajung pedang ini meskipun bagian dari tulang dada tetapi tulang ini di bentuk dari tulang rawan.

Umumnya bagian lain dari ulang dada mempunyai sifat yang keras dan kuat. Tetapi berbeda dengan tulang satu ini, Hal ini disebabkan tulang ini memiliki tekstur yang cukup rawan dan mudah mengalami trauma bahkan tulang ini tidak bisa tumbuh.

 


 

Fungsi Tulang Dada

 

Tulang dada dalam sistem kerjanya tidak melakukan tugasnya sendirian tetapi bersama sama dengan tulang rusuk, berbagai fungsi tulang dada yaitu sebagai berikut :

 

  • Melindungi Organ yang Berada Dibagian Dada seperti Jantung dan Paru Paru

Dua organ tersebut sangat memiliki pengaruh bagi kelangsungan hidup mansia, tulang dada melindungi organ tersebut dari bermacam benturan, dari trauma, juga dari gerak tubuh manusia itu sendiri sehingga sanggup menjaga pada posisinya dan menjalankan fungsinya dengan baik.

 

  • Melindungi Organ Tubuh Sekitarnya seperti Lambung, Ginjal, dan Limpa
Baca Juga  √ Novel : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Unsur Lengkap

Dikarenakan tulang dada bersama tulang rusuk mempunyai bentuk yang sangat keras dan juga padat, sangat baik guna melindungi organ – organ dalam dari berbagai benturan seperti halnya alat ekskresi ginjal dan sistem ekskresi paru paru.

 

  • Membantu Proses Pernafasan

Tanpa tulang dada, kita tidak akan dapat bernafas dengan lancar karena tidak ada pelindung untuk paru paru yang merupakan alat alat pernafasan pada manusia dari berbagai guncangan dan juga rangsangan dari luar tubuh. Apabila organ penafasan bisa bekerja dan terlindungi dengan sangat baik.

 

  • Sebagai Kerangka

Sebagai kerangka dimana tulang dada menyiapkan kerangka kerja untuk otot otot dada, punggung, perut, serta bahu atas dapat menempel. pada dalam batas bawah tulang rusuk juga memiliki fungsi sebagai tempat melekatnya diafragma.Tanpa adanya tulang dada, tubuh manusia tidak akan terbentuk dengan sempurna sebab tidak memiliki penyokong, tulang dada membuat bentuk tubuh menjadi kuat.

 


 


Gangguan pada Tulang Dada

 

Kostokondritis merupakan salah satu penyebab dari tulang dada yang merasa sakit dan salah satu penyebab yang paling umum terjadi. Keadaan ini bisa terjadi apabila tulang rawan yang terletak di antara tulang dada dan juga tulang rusuk mengalami peradangan atau teriritasi. Kostokondritis ini sendiri bisa terjadi akibat osteoartritis.

 

Gejala dari kostokondritis ialah :

  • Merasakan nyeri yang sangat tajam tepat pada bagian tengah dada
  • Bagian dada akan terasa sakit pada saat bersin, batuk ataupun ketika menarik napas secara dalam
  • Merasakan ketidaknyamanan yang terjadi pada tulang rusuk

 

Kostokondritis ini sendiri umumnya dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari jadi tidak membutuhkan pengobatan, namun jika anda memiliki kekhawatiran tertentu mengenai keadaan ini, sebaiknya anda dapat segera mungkin pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi.

Baca Juga  √ Autobiografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Tujuan dan Contoh Lengkap

 

 

 



Demikianlah bahasan kita mengenai tulang dada. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Tulang Dada : Pengertian, Struktur dan Fungsinya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya