Jenis – Jenis Bentos

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang bentos. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini.

√ Bentos : Pengertian, Ciri, Jenis dan Peranannya Lengkap


Pengertian Bentos

Bentos ialah hewan dan tumbuh-tumbuhan yang hidup di atas atau di bawah dasar laut atau pada wilayah yang dinamai zona bentik (benthic zone) maupun dasar daerah tepian. Bentos ini berbeda dengan plankton yang hidup mengapung bebas di air. Beberapa organisme bentik bahkan belum sepenuhnya dipahami maka penelitian terus terjadi untuk mengungkap rahasianya.

Semua organisme di dunia disesuaikan dengan organisme bentik untuk bertahan hidup. Organisme ini memakan bangkai hewan yang tenggelam ke dasar laut, dan kemudian mengeluarkannya sebagai kotoran, yang selanjutnya larut menjadi nutrisi yang akan dibawa kembali ke permukaan dan dipergunakan oleh organisme lain.


Ciri – Ciri Bentos

  • Memiliki toleransi yang berbeda terhadap berbagai tipe pencemaran dan memiliki reaksi yang cepat.
  • Dijumpai melimpah di perairan, khususnya di ekosistem sungai, dipengaruhi oleh berbagai tipe polutan yang ada.
  • Memiliki beragam jenis yang tinggi serta memiliki respon terhadap lingkungan yang stress.
  • Hidup menempel didasar perairan.
  • Mempunyai siklus hidup yang panjang.

Jenis – Jenis Bentos

1. Jenis Bentos Berdasarkan Ukurannya

  • Mikrobentos

Hewan yang mempunyai ukuran lebih kecil dari 0,1 mm. Misalnya marine diatom, bakteri, flagellata, amoeba, dan ciliata.


  • Meiobentos

Bentos yang mempunyai ukuran antara 0,1 mm hingga 1 mm. Misalnya nematoda, copepoda, dan foraminifera.


  • Makrobentos

Bentos yang mempunyai ukuran lebih dari 1 mm. Misalnya bintang laut, seagrass, rumput laut, cacing annelida, molusca, sponge, dan crustacea.

Baca Juga  Jenis - Jenis Plankton

2. Jenis Bentos Berdasarkan Tempat Hidupnya

  • Epifauna

Epifauna ialah hewan yang hidupnya di atas permukaan dasar lautan. Misalnya kepiting, siput laut, dan bintang laut.


  • Infauna

Infauna ialah hewan yang hidupnya dengan cara menggali lubang di dasar lautan. Misalnya cacing, tiram, macoma, dan remis.


3. Jenis Bentos Berdasarkan Jenisnya

  • Zoobentos

Zoobentos ialah hewan yang sebagian atau seluruh siklus hidupnya ini berada di dasar perairan, baik yang sesil, merayap maupun menggali lubang. Hewan ini mempunyai beberapa peran penting dalam perairan seperti dalam proses dekomposisi serta mineralisasi material organik yang memasuki perairan, dan juga menempati beberapa tingkatan trofik dalam rantai makanan. Zoobentos mendukung dan mempercepat proses dekomposisi materi organik.

Beragam jenis zoobentos ini ada yang memiliki peran sebagai konsumen primer serta memiliki peran sebagai konsumen sekunder atau konsumen yang menempati tempat yang lebih tinggi. Biasanya, zoobentos merupakan makanan alami bagi ikan-ikan pemakan di dasar (bottom feeder).

Fauna bentik terdiri atas 5 kelompok, yakni Mollusca, Polychaeta, Crustacea, Echinodermata dan kelompok lain yang terdiri atas beberapa takson kecil seperti Sipunculidae, Pogonophora dan lain-lain.


  • Phytobentos

Phytobentos ialah tanaman milik bentos. Sumber makanan utama untuk bentos ialah alga dan organik limpasan dari tanah. Di perairan pantai dan tempat-tempat lain dimana cahaya menggapai bagian bawah, hewan bentik seperti diatom yang sanggup berfotosintesis dapat berkembang biak.


Peranan Bentos di Perairan

Bentos sebenarnya mempunyai peranan yang penting dalam suatu ekosistem. Berikut ini akan dijelaskan pentingnya keberadaan bentos dalam suatu ekosistem:

  • Bentos berfungsi dalam proses rantai makanan

Bentos termasuk bagian penting dari rantai makanan, khususnya untuk ikan. Banyak invertebrata memakan alga dan bakteri, yang terletak di ujung bawah rantai makanan. Beberapa rusak dan makan daun dan bahan organik lainnya yang masuk air. Sebab kelimpahan mereka dan posisi sebagai “perantara” dalam rantai makanan air, bentos memiliki peran penting dalam aliran alami energi dan nutrisi. Invertebrata bentos yang sudah mati akan membusuk selanjutnya meninggalkan nutrisi yang digunakan kembali oleh tanaman air dan hewan lainnya dalam rantai makanan.

Baca Juga  Tipe - Tipe Stomata

  • Bentos bisa digunakan untuk melihat kualitas air pada suatu perairan

Tak seperti ikan, bentos tidak dapat bergerak banyak maka mereka kurang mampu menghindar dari efek sedimen serta polutan lain yang mengurangi kualitas air. Oleh sebab itu, bentos bisa memberikan informasi mengenai kualitas air sungai dan kualitas air danau. siklus hidup lama mereka memungkinkan penelitian yang akan dilakukan oleh ahli ekologi akuatik untuk menentukan setiap penurunan kualitas lingkungan.

Bentos merupakan grup yang sangat beraneka hewan air, dan sejumlah besar spesies mempunyai berbagai tanggapan terhadap stres seperti polutan organik, sedimen, dan toxicants. bentik makroinvertebrata Banyak berusia panjang, yang memungkinkan deteksi peristiwa masa lalu seperti pencemaran tumpahan pestisida dan ilegal dumping.


Demikianlah bahasan kita mengenai bentos. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Jenis – Jenis Bentos : Pengertian, Ciri & Peranannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya