Komponen Biotik

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang biotik. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini.

 

√ Biotik : Pengertian, Komponen dan Contohnya Lengkap

 


Pengertian Biotik

Komponen biotik merupakan suatu komponen lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup. Pada pokoknya makhluk hidup bisa dikelompokkan berdasarkan jenis-jenis tertentu, contohnya golongan manusia, hewan dan tumbuhan. Makhluk hidup berdasarkan ukurannya dikelompokkan menjadi mikroorganisme dan makroorganisme. Manusia merupakan faktor biotik yang memiliki pengaruh terkuat di bumi ini, baik dalam pengaruh memusnahkan dan melipatkan, ataupun mempercepat penyebaran hewan dan tumbuhan.

 


Komponen Biotik Berdasarkan Tingkat Trofik/ Nutrisi

1. Komponen Autotrof

Komponen autotrof yaitu organisme uniseluler maupun multiseluler yang bisat berfotosintesis atau memproduksi makanan sendiri. Melalui proses fotosintesis tersebut mahluk hidup ini akan menciptakan karbohidrat dan oksigen. Organisme autotrof dikelompokkan menjadi beberapa jenis yakni :

  • Fotoautotrof : Apabila dalam mensintesis makanannya membutuhkan bantuan energi cahaya. Contohnya yakni semua tumbuhan hijau, bakteri hijau serta bakteri ungu. Tumbuhan hijau mempunyai pigmen berwaran hijau yaitu klorofil. Bakteri hijau mempunyai pigmen yang menyerupai klorofil yaitu bakterioklorofil. Bakteri ungu mempunyai pigmen berwarna ungu yang disebut bakteriopurpurin.
  • Kemoautotrof : Apabila dalam mensintesis makanannya menggunakan energi hasil reaksi kimia. Contohnya yakni bakteri pereduksi sulfur (bakteri belerang), bakteri besi, bakteri Nitrosomonas, Nitrosococcus serta Nitrobacter.

2. Komponen Heterotrof

Komponen heterotrof merupakan suatu golongan organisme yang menggunakan bahan-bahan organik yang disiapkan oleh organisme lain sebagai bahan makanan. Dengan kata lain golongan ini tidak bisa memproduksi makanannya sendiri.

Komponen heterotrof dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya:

  • Herbivora : organisme pemakan tumbuh-tumbuhan, menduduki tropic tingkat 2 dan tingkat 1 sebagai konsumen.
  • Karnivora : organisme pemakan daging dari makhluk hidup lain, menduduki tropic tingkat 3 dan tingkat 2 sebagai konsumen.
  • Omnivora : organisme pemakan segalanya baik daging maupun tumbuh-tumbuhan, menduduki tropic tingkat 2 dan tingkat 1 sebagai konsumen.
  • Dekomposer : mikroorganisme yang berperan sebagai pengurai zat organik hasil dari sisa-sisa tumbuhan maupun hewan. Tergolong di dalamnya selulosa atau kitin yang merubah zat menjadi lebih sederhana. Contoh dari dekomposer ialah bakteri dan fungi.
  • Parasit : organisme yang hidup di luar tubuh inang, contohnya seperti kutu yang hidup di kepala manusia.
  • Detritivor : organisme yang hidup dengan cara memakan serpihan dari makhluk hidup yang telah mati. Contohnya seperti kaki seribu, cacing, dan rayap.
Baca Juga  Kelenjar Cowper

 


Komponen Biotik Berdasarkan Perannya

Manusia merupakan salah satu contoh komponen biotik. Selain manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme juga termasuk ke dalam komponen ini. Apabila suatu mahluk menunjukan ciri ciri hidup, maka mahluk tersebut dikategorikan sebagai contoh komponen biotik.

Adapun berdasarkan kemampuannya dalam mendapatkan makanan, komponen biotik dibagi menjadi 3 tingkatan, yakni :

1.Organisme Autotrof (produsen)

Organisme autotrof disebut juga produsen merupakan organisme yang dapat memproduksi makanannya sendiri. Produsen membuat makanan dengan menyerap senyawa dan zat-zat anorganik untuk selanjutnya diubah menjadi senyawa organik melalui proses fotosintesis. Ciri khusus organisme yang tergolong autotrof yakni dengan adanya klorofil dalam tubuhnya, seperti pada tumbuhan tingkat tinggi. Dalam interaksi komponen biotik dan abiotik, organisme autotrof ialah awal dari terciptanya keseimbangan ekosistem.


2.Organisme Heterotrof (konsumen)

Organisme heterotrof disebut juga konsumen merupakan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik yang berasal dari organisme lain sebagai sumber energi dan makanannya. Organisme autotrof tidak bisa memproduksi makanannya sendiri.
Berdasarkan tingkatannya, konsumen dibagi menjadi:

  • Konsumen primer : pemakan langsung produsen. Misalnya bangsa herbivora serta omnivora seperti : sapi, kambing, ulat, tikus dan lain sebagainya.
  • Konsumen sekunder : pemakan konsumen primer. Contohnya yakni sebagian karnivora dan omnivora seperti : ayam, katak, ular, trenggiling, harimau, cheetah dan lain sebagainya.
  • Konsumen tersier : pemakan konsumen sekunder. Contohnya yakni sebagian karnivora dan omnivora seperti : hiu, gurita, elang dan lain sebagainya.

3.Organisme Pengurai (dekomposer)

Pengurai atau dekomposer merupakan organisme yang merubah bahan-bahan organik dari organisme yang telah mati menjadi senyawa anorganik melalui proses dekomposisi. Contoh dari komponen biotik ini misalnya jamur, bakteri, ganggang, cacing, dan lain sebagainya.

Ketiga tingkatan komponen biotik mulai dari organisme autotrof, organisme heterotrof, dan pengurai, semuanya saling berinteraksi satu sama lainnya guna membentuk suatu gejala alam biotik seperti pola rantai makanan, piramida makanan, dan lain sebagainya seperti dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Baca Juga  Jenis - Jenis Ekosistem

4. Organisme Detrivora

Detrivora juga disebut sebagai detritus merupakan jenis organisme atau makhluk hidup yang memakan partikel-partikel organik (mengandung bahan kehidupan). Komponen biotik jenis detritus merupakan hancuran dari jaringan tumbuhan atau pun hewan yang sudah lapuk.

Contoh makhluk hidup atau organisme yang termasuk detritus adalah:

  • Siput : organisme bercangkang serta bergelung pada tahap dewasa.
  • Cacing tanah : jenis hewan cacing berbentuk tabung dan mempunyai tubuh berupa segmen.
  • Lipan atau disebut juga kelabang : hewan nokturnal yang mempunyai sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini termasuk hewan berbisa.
  • Keluwing yang disebut juga lele atau tetinggi : hewan beruas yang mempunyai sekitar 30 ruas dengan sepasang kaki di setiap ruasnya. Hewan ini tergolong juga ke dalam golongan kaki seribu.
  • Teripang mempunyai nama lain trepang atau timun laut : hewan invertebrata yang bisa dimakan dan hidup hampir di semua perairan, khususnya di samudera pasifik barat dan hindia.

 


Demikianlah bahasan kita mengenai Biotik. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Komponen Biotik : Pengertian & Contohnya Secara Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 


Baca Juga Artikel Lainnya