Kesenjangan Sosial

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id. Kali ini kita akan membahas tentang kesenjangan sosial. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini.

 

√ Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Bentuk dan Dampaknya Lengkap

 


Pengertian Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial merupakan suatu keadaan yang tidak seimbang dalam kehidupan suatu masyarakat, baik itu individu maupun kelompok, yakni dimana terjadi ketidakadilan atau ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang diklaim penting dalam suatu masyarakat.

Kesenjangan sosial ini dikaitkan dengan adanya perbedaan yang nyata dari segi finansial masyarakat yang meliputi kekayaan harta, barang dan jasa, dan lain sebagainya. Kesenjangan sosial ini bisa dilihat dari keberadaan peluang dan manfaat yang tidak sama untuk posisi sosial yang berbeda dalam masyarakat.

 


Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

  • Menurut Abad Badruzaman

Kesenjangan sosial ialah suatu ketidakseimbangan sosial yang berada di masyarakat maka menjadikan suatu perbedaan yang sangat menonjol. Bisa diartikan sebagai suatu kondisi dimana orang kaya memiliki kedudukan lebih tinggi dan lebih berkuasa dari pada orang miskin.


  • Menurut Soerjono Soekanto

Kesenjangan sosial ialah suatu ketidaksesuaian antara unsur- unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

 


Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Terdapat 5 faktor penyebab kesenjangan sosial yakni :

  • Faktor Perbedaan Sumber Daya Alam

Tingkat perekonomian suatu daerah dipengaruhi oleh sumber daya alam yang ada di daerah tersebut. Laju ekonomi bisa berjalan meningkat apabila terdapat sumber daya alam yang dikelola dengan baik.

Apabila suatu daerah kekurangan sumber daya alam, maka hal ini akan berpengaruh besar bagi perekonomian daerah tersebut.

Baca Juga  Piramida Penduduk

  • Faktor Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah bisa menjadi salah satu faktor timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat. Misalnya kebijakan program transmigrasi. Masyarakat pendatang biasanya lebih cepat maju daripada dengan warga asli.

Kesempatan lebih besar yang diberikan pada warga pendatang akan membuat mereka berkembang lebih cepat. Hal ini selanjutnya memicu kesenjangan sosial antara dua kelompok masyarakat tersebut.


  • Faktor Pengaruh Globalisasi

Globalisasi bisa digunakan untuk mencapai kemajuan. Akan tetapi di sisi lain, globalisasi juga menimbulkan adanya kesenjangan sosial ekonomi di masyarkat.

Kesenjangan sosial ini berlangsung pada saat sebagian masyarakat tidak bisa beradaptasi dan tidak memanfaatkan globalisasi dengan baik.


  • Faktor Demografis

Tingkat pertumbuhan masyarakat, pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, dan struktur kependudukan menunjukkan keadaan demografis suatu daerah.

Kondisi demografis suatu daerah dengan daerah lainnya yang berbeda bisa menyebabkan kesenjangan sosial. Hal ini disebabkan produktivitas kerja masyarakat pada satu daerah dengan daerah lainnya tidak sama.


  • Faktor Letak dan Kondisi Geografis

Biasanya tingkat pembangunan pada suatu daerah dipengaruhi oleh letak serta kondisi geografisnya. Masyarakat yang berada di dataran tinggi cenderung lebih sulit butuh waktu untuk membangun infrastruktur ketimbang masyarakat yang berada di dataran rendah.

Ini mengakibatkan masyarakat yang tinggal di dataran rendah cenderung lebih cepat berkembang. Hal ini selanjutnya menimbulkan kesenjangan sosial di kedua masyarakat tersebut.

 


Bentuk Kesenjangan Sosial

  • Ekonomi

Banyak ketidaksetaraan sosial yang berada dalam masyarakat adalah ekonomi. Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa perekonomian termasuk faktor penentu dalam status sosial masyarakat. Orang dengan pendapatan ekonomi yang baik menerima status sosial yang baik, dan sebaliknya, masyarakat berpenghasilan rendah menerima status sosial yang biasa. Kondisi perpecahan sosial, sebab perekonomian ini mendorong masyarakat untuk mengejar kediamannya, baik secara positif maupun negatif.

Baca Juga  Integritasi Sosial

  • Psikologis

Kesenjangan sosial sangat erat kaitannya dengan keadaan perasaan. seperti perasaan keterlambatan, miskin, dan lain-lain. Hal ini bisa menimbulkan perasaan putus asa, stres atau bahkan kegilaan. Hasilnya, banyak ahli berpendapat bahwa kesenjangan sosial yang merusak diri ialah kesenjangan sosial-psikologis.


  • Budaya

Kesenjangan sosial dari sektor budaya umumnya bisa terjadi dikarenakan adanya budaya di dunia. Budaya keberadaan yang baik akan diterima dengan baik di masyarakat, dan, sebaliknya, budaya yang keberadaannya kurang baik akan sering ditolak oleh masyarakat.


  • Lingkungan alam

Perbedaan sosial dalam sumber daya alam berbeda antar daerah. Kesenjangan di alam ini akan memicu keserakahan masyarakat dengan berjuang untuk mengkonsumsi sumber daya alam yang ada, terlepas dari kepentingan generasi masa depan.

 


Dampak Kesenjangan Sosial

1. Dampak Positif Kesenjangan Sosial

  • Dapat menghilangkan keadaan pemicu stress
  • Dapat merileksasikan pikiran dan raga
  • Dapat mempercepat proses aktivitas insan
  • Dapat menyebabkan pembagian kerja secara lebih merata

2. Dampak Negatif Kesenjangan Sosial

  • Dapat menumbuhkan sifat malas bagi masyarakat
  • Adanya ketidakpuasaan dengan sesuatu
  • Gampang putus asa maka menghambat mobilitas kerja seseorang
  • Timbulnya kecemburuan sosial
  • Timbulnya tindak kriminalitas

 


Demikianlah bahasan kita mengenai kesenjangan sosial. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Bentuk & Dampaknya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 


Baca Juga Artikel Lainnya