Pengertian Narasi , Ciri-Ciri , Jenis , Struktur , Kaidah dan Contoh nya Terlengkap

Diposting pada

√ Pengertian Narasi , Ciri-Ciri , Jenis , Struktur , Kaidah dan Contoh nya Terlengkap – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . kali ini kita akan membahas tentang narasi secara lengkap ,simak bahasan nya dibawah ini

√ Pengertian Narasi , Ciri-Ciri , Jenis , Struktur , Kaidah dan Contoh nya Terlengkap

 

Pengertian Teks Narasi

Pengertian narasi ialah sebuah bentuk pengembangan paragraf pada sebuah karangan atau karya tulis dimana di dalamnya menjelaskan tentang rangkaian peristiwa secara runut dari waktu ke waktu; mulai dari awal, tengah, hingga akhir.

 

Pengertian Teks Narasi Menurut Para Ahli

      1. Gorys Keraf

Narasi ialah suatu bentuk wacana yang berusaha mengisahkan suatu kejadian seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa itu. Narasi lebih mengisahkan suatu kehidupan yang dinamis dalam suatu rangkaian waktu.

      2. Atar Semi

Narasi ialah bentuk percakapan atau tulisan yang bertujuan menyampaikan atau menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia berdasarkan perkembangan dari waktu ke waktu.

      3. Widjono H.S

Narasi ialah uraian yang menceritakan sesuatu atau serangkaian kejadian, tindakan, keadaan, secara berurutan dari permulaan sampai akhir sehingga terlihat rangkaian hubungan satu sama lain.

      4. Ismail Marahimin

Narasi ialah suatu cerita yang dibuat berdasarkan rangkaian kejadian/ peristiwa, dimana di dalamnya ada tokoh yang menghadapi suatu konflik dengan tikaian.

      5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Narasi ialah suatu cerita atau deskripsi tentang kejadian atau peristiwa, kisahan, tema suatu karya seni.

 

Ciri – Ciri Teks Narasi

  1. isi teks atau karangan berisi tentang cerita ,kisah , atau peristiwa tertentu
  2. dibentuk dari beberapa susunan paraggraf dengan gaya bahasa naratif
  3. memiliki kronologi atau urutan cerita yang jelas
  4. terdapat suatu peristiwa maupun konflik
  5. memiliki unsur pembentuk seperti tema , latar , setting , karakter

 

Jenis Teks Narasi

     1. Narasi Ekspositoris (biografi)

ekspositoris ialah serangkaian narasi yang menceritakan tentang kisah seseorang / biografi dengan sangat informatif sehingga pembaca dapat lebih mudah dan jelas memahami apa yang dibahas.

     2. Narasi Artistik
Narasi artistik ialah merupakan teks yang mengisahkan suatu rekaan cerita yang bersifat imajinatif kepada pembacanya dengan menggunakan bahasa yang figuratif.

     3. Narasi Sugestif

Narasi yang memberikan bacaan atau sebuah cerita dengan tujuan tertentu. Tujuan dari teks narasi sugestif tersebut biasanya memberikan sugesti/ ajakan kepada pembaca agar mempercayai suatu hal. Pembaca dibuat seolah-olah melihat dan mengetahui maksud dari bacaan yang diberikan.

 

Struktur Teks Narasi

      1. Orientasi

pada teks narasi berisi pengenalan tokoh, setting, latar tempat, latar cerita, latar waktu, dan berbagai komponen awal pengenal cerita lainnya. Bagian paragraf-paragraf ini menjadi urutan pertama dalam cerita. Sebagai awal dari cerita, perlu disampaikan dengan cara yang sangat menarik. Tujuannya agar pembaca tertarik membaca isi keseluruhan bacaan.

      2. Komplikasi

dalam bacaan memuat problem atau pokok persoalan yang ada dalam cerita. Konflik mulai bermunculan dan jalan cerita akan dimulai pada bagian ini. Bagian ini bisa dimulai dengan pengenalan konflik. Selanjutnya diteruskan dengan konflik yang lebih kompleks.

      3. Resolusi

memuat jalan keluar atau pemecahan konflik yang diceritakan pada bagian komplikasi. Bagian ini menceritakan kejadian yang hampir berakhir.

      4. Koda

merupakan bagian dari akhir karangan atau cerita. Bagian akhir atau ending dapat berupa cerita sedih atau bahagia.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Narasi

      1. Menggunakan metafora atau kata kiasan

pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan hanya sebagai lukisan yang berdasarkan perbandingan atau persamaan.

2. Melihat kata kerja transitif dan intransitif

kata kerja transifit membutuhkan objek sebagai pelengkap agar artinya dapat mudah dimengerti. Sedangkan kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek sebagai pelengkap kalimat.

3. Menggunakan kata benda, sifat, frasa atau klausa

penggunaannya disesuaikan dengan topik yang dinarasikan atau diuraikan.

4. Menggunakan kata penghubung penanda urutan waktu

contohnya seperti pertama-tama, lalu, kemudian, ketika, akhirnya, selanjutnya, sebelumnya dan lain sebagainya.

 

Tujuan Teks Narasi

  1. Memberikan suatu informasi atau wawasan dan memperluas pengetahuan
  2. Memberikan hibura atau entertain
  3. Memberikan pengalaman estetis kepada pembaca

 

Langkah-Langkah Menulis Teks Narasi

  1. Tentukan dulu tema dan amanat yang akan disampaikan
  2. Tetapkan sasaran pembaca
  3. Rancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur
  4. Bagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita
  5. Rincian peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung cerita
  6. Susun tokoh dan perwatakan, latar, dan sudut pandangan
  7. Mengerti aturan tanda bacanya dalam kalimat tersebut

 

Contoh Teks Narasi

(Artistik) Keluarga Cemara

Orientasi:
Ara adalah nama panggilanku, nama panjangku adalah Cemara. Bapak yang memberiku nama Cemara. Aku mempunyai seorang ibu yang sangat baik. Aku juga mempunyai kakak perempuan yang cantik dan baik, walaupun ia terkadang suka marah.

Konflik:
Aku bersyukur karena diberi keluarga yang harmonis dan serba kecukupan. Namun, kondisi menjadi berbalik ketika rekan kerja bapak menghianati bapak. Seluruh aset perusahaan dan harta pribadi keluarga kami berhasil direbut olehnya. Kondisi ini membuat aku dan keluarga harus pindah ke desa, di rumah peninggalan kakek. Rumahnya kecil, kalau hujan sering bocor, letaknya di tengah sawah. Hampir tidak ada yang bisa dibanggakan dari rumah peninggalan kakek ini.

Bukan seorang bapak namanya kalau putus asa di tengah kondisi ini. Bapak selalu menghibur dan mengayomi kami di tengah kondisi kami yang sangat jauh berbeda dengan yang dulu. Bapak selalu tersenyum dan mengatakan bahwa bapak akan berusaha untuk mengembalikan kehidupan kami seperti dulu. Bapak selalu kelihatan tegar dan penuh semangat.

Resolusi:
Bapak memulai lagi usahanya. Setiap hari, bapak berangkat sangat pagi dan pulang larut malam. Semua itu bapak lakukan untuk menepati janjinya kepada kami untuk mengembalikan kehidupan kami seperti dulu. Hasil memang tidak akan menghianati usaha. Perlahan, bapak mampu mengembalikan apa yang pernah hilang.

Koda/Ending:
Berkat kegigihan dan ketekunan bapak, akhirnya kami sekeluarga dapat mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Sebuah kehidupan yang pernah diberikan untuk keluarga kami, direbut oleh orang jahat, dan akhirnya kembali lagi kepada kami

 

Demikian bahasan kita mengenai narasi . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir ke artikel √ Pengertian Narasi , Ciri-Ciri , Jenis , Struktur , Kaidah dan Contoh nya Terlengkap , semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel

Baca Juga  √ Peribahasa : Pengertian , Ciri , Jenis dan Contoh Terlengkap
Baca Juga  Pengertian Majas Alegori dan Contoh nya Secara Lengkap
Baca Juga  Pengertian Teks Eksemplum , Ciri , Karateristik dan Contoh Secara Lengkap
Baca Juga  √ Sistem Ekskresi Pada Manusia dan Penjelasannya Lengkap
Baca Juga  Pengertian Dongeng , Ciri-Ciri , Jenis , Unsur Secara Lengkap