√ Autobiografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Tujuan dan Contoh Lengkap

Diposting pada

√ Autobiografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Tujuan dan Contoh Lengkap

 

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang autobiografi . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Autobiografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Tujuan dan Contoh Lengkap
√ Autobiografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Tujuan dan Contoh Lengkap

 


Pengertian Autobiografi

 

Autobiografi berasal dari bahasa Yunani ialah autos yang berarti sendiri, Bios yang berarti hidup dan graphein yang berarti menulis.

Pengertian autobiografi ialah tulisan yang didalamnya berisi tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil hingga keadaannya sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Autobiografi berisi lika-liku kehidupan seseorang melewati masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan hingga bisa mencapai keadaanya di masa kini. Penulisan Autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama (aku, saya) berbeda dengan penulisan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ke 3.

 


 

Ciri – Ciri Autobiografi

 

  • Autobiografi ialah sebuah perjalanan hidup seseorang, yang ditulis dengan tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan penulis lain, yang ditulis berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri.

 

  • Autobiografi biasanya berisi informasi mengenai masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari masa yang susah hingga masa mencapai keberhasilan.

 

  • Autobiografi seringkali hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Bahkan sering kali, autobiografi ditulis dalam rangka, pencitraan seorang tokoh politik.

 

  • Autobiografi biasaya ditulis, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang apa yang sudah dilakukannya selama ia hidup, sehingga bisa diambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya.

 


 

Jenis – Jenis Autobiografi

 

  • Autobiografi sebagai Kritik Totalitarianisme

Autobiografi ini adalah korban dan penentang rezim totaliter yang telah bisa menyajikan kritik mencolok dari rezim lewat bentuk autobiografi dari penindasan mereka.

 

  • Autobiografi Fiksi

Autobiografi ini adalah mendefinisikan novel tentang seorang tokoh fiktif yang ditulis seolah-olah karakter itu menulis biografi mereka sendiri.

 

  • Autobiografi seseorang yang tidak terkenal

Autobiografi ini adalah Beberapa orang tanpa klaim asli terkenal mulai menulis atau menerbitkan autobiografi mereka sendiri untuk masyarakat umum.

 

  • Autobiografi Palsu

Autobiografi ini ialah Tren yang memicu adanya autobiografi palsu, penulis diduga menderita menjadi bagian keluarga yang disfungsional atau dari masalah sosial serta penindasan politik.

 

  • Autobiografi Sensasional

Autobiografi ini ialah autobiografi atlet profesional yang modern dan media selebriti dan pada tingkat lebih rendah tentang politisi, umumnya ditulis oleh pengarang pada orang lain yang secara rutin diterbitkan.

 


 

Tujuan Autobiografi

 

  • Memperkenalkan diri sendiri dengan lebih detail kepada masyarakat.
  • Memberikan gambaran, pelajaran dan kisah-kisah inspiratif tentang seseorang dapat sukses dalam bidang yang sedang lakoni sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik maupun bidang lainnya.
  • Bahan pencitraan seseorang.

 


 

Perbedaan Autobiografi dan Biografi

 

  • Autobiografi merupakan suatu perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau juga dibantu dengan penulis lain, yang ditulis menurut pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri, sedangkan biografi ditulis oleh orang lain.

 

  • Autobigrafi seringkali berisi informasi tentang masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang sulit sampai mencapai keberhasilan.

 

  • Sedangkan subjek biografi adalah tokoh terkenal dengan banyak jasa, karya ataupun pemikiran yang bermanfaat untuk orang lain.

 

  • Autobiografi biasanya hanya memberikan informasi yang sifatnya positif saja.Autobiografi bahkan cenderung dibuat karena dalam rangka untuk pencitraan seorang tokoh politik.

 

  • Sedangkan biografi dibuat dengan bersumber pada literatur, dokumen penting, atau menggali pada narasumber, sebagai saksi dalam menjelaskan peristiwa, dan fakta yang terjadi di perjalanan hidup tersebut.

 

  • Autobiografi biasa dibuat untuk mengenalkan atau memberitahu masyarakat mengenai apa yang telah dilakukannya selama hidup, menjadikan dapat diambil hikmahnya, pelajarannya yang berharga yang ada didalamnya.

 

  • Sedangkan biografi seringkali berisikan informasi yang didalamnya ada hikmah, motivasi dan sejarah penting yang bisa dijadikan suri tauladan untuk orang yang membacanya.

 


 

Manfaat Autobiografi

 

  • Sebagai refleksi untuk memahami masa lalu lebih baik.
  • Membantu untuk lupa atau beranjak dari kejadian buruk di masa lalu.
  • Mengetahui tentang bagaimana orang lain menilai dirimu.
  • Menyadari perubahan didalam diri dari tahun ke tahun.
  • Melihat kesalahan masa lalu dan memperbaikinya.
  • Menjadi nilai lebih dalam masalah profesionalitas.

 


 

Struktur Autobiografi

 

  • Latar belakang Keluarga

Bentuk ini mengandung mengenai keluarganya ialah ayah bunda, tanggal lahir, dan tempat tinggal, anak yang ke berapa dan meriwayatkan famili nya.

 

  • Latar belakang Pendidikan

Bentuk ini meriwayatkan mengenai pendidikan yang sudah digapai hingga sekarang beserta dengan tahun dan nama sekolahnya dan didahuli dengan alinea baru.

 

  • Latar belakang Prestasi

Bentuk ini mengandung mengenai seluruh performa yang telah digapai sejak dari kecil hingga sampai sekarang.

 

  • Latar belakang Pekerjaan

Apabila aktivis telah bekerja lalu menuliskannya, tetapi apabila sedang jadi pelajar maka bentuk ini dapat dihapuskan.

 

  • Latar belakang Hasil Karya

Bentuk ini utama bagi mereka yang telah bekerja dan untuk pelajar maka bentuk ini dapat dihapuskan.


 

Kaidah Kebahasaan Autobiografi

 

  • Kata penghubung : berguna sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain.
  • Kata kerja : suatu kelompok kata yang menjelaskan suatu hal yang dilakukan oleh tokoh.
  • Rujukan kata : merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya.
  • Keterangan waktu : berguna menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh

 


 

Contoh Autobiografi Tentang Tokoh

 

R.A. Kartini

Lebih dikenal dengan nama R.A. Kartini atau Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat lahir pada 21 April 1879 di Rembang. Beliau mempunyai ayah yang bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan ibunya Ngasirah. R.A. Kartini. Terlahir dari keluarga ningrat, R.A. Kartini mempunyai sepuluh orang saudara kandung dan saudara tirinya.

Saudara-saudara beliau adalah R.M. Slamet Sosroningrat, P.A Sosrobusoni, R.A. Soelastri, R.A. Roekmini, R.A Kardinah, R.A. Kartinah, R.M.P. Sosrokartono, R.M. Muljono, R.M. Soemarti, dan R.M. Rawito. Semasa kecil hingga berumur 12 tahun, beliau telah disekolahkan ayahnya di Europese Lagere School (ELS). Saat menimba ilmu di ELS, Kartini juga belajar bahasa Belanda.

Keadaan dan kebiasaan adat yang sangat kuno pada waktu itu membuat beliau harus menjalani masa pingit usai menamatkan pendidikannya. Beliau memiliki ketertarikan dengan pola pikir teman-temannya dari Eropa. Disamping itu, R.A. Kartini juga sering berkirim surat dengan sahabatnya yang berkedudukan di Belanda. Sahabat beliau yang bertukar surat dengannya juga sering mengiriminya majalah. Itulah sebabnya R.A.

Kartini mulai mengerti bahwa kehidupan dan pengetahuan perempuan pribumi di nusantara jauh tertinggal. Dari situlah ia mulai menyuarakan pendapat dan berusaha memajukan derajat perempuan pribumi.

Pada usia 24 tahun, ayahnya menikah kan beliau dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo yang merupakan seorang bangsawan. Pada saat itu Adipati Ario tengah diberikan amanah sebagai Bupati Rembang.

Semasa hidupnya, beliau selalu melakukan tindakan-tindakan untuk memajukan wanita pribumi dan bangsa Indonesia. R.A. Kartini menghembuskan nafas terakhir ketika melahirkan anak pertama mereka yaitu Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 13 September 1904. Kemudian, ia dikembalikan di Desa Bulu, Kabupaten Rembang.

 


 

Demikianlah bahasan kita mengenai autobiografi . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Autobiografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Tujuan dan Contoh Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Slogan : Pengertian, Contoh, Ciri, Tujuan dan Macam Secara Lengkap
Baca Juga  Pengertian Teks Negoisasi , Ciri ,Kaidah , Stuktur dan Tujuan Terlengkap
Baca Juga  √ Tulang : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bentuknya Lengkap
Baca Juga  √ Statistik : Pengertian , Jenis , Fungsi dan Manfaatnya Lengkap
Baca Juga  √ Trakea : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Bagiannya Lengkap