√ Teks Ulasan : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Teks Ulasan : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap

 

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang teks ulasan . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Teks Ulasan : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap
√ Teks Ulasan : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap

 


 

Pengertian Teks Ulasan

 

Teks ulasan ialah sebuah teks yang berisi ulasan, penilaian ataupun review terhadap suatu karya seperti buku, film, lagu dan sebagainya. Dalam mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis supaya hasil ulasannya bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.

Teks ulasan disusun berdasarkan pemahaman terhadap isi buku yang sudah dibaca. Teks ulasan tersebut berguna untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai bagaimana suatu standar kelayakan dan kepatutan dari suatu karya.

Para pembaca bisa lebih memahami serta mendapatkan pengetahuan mengenai gambaran serta kritikan pada karya tertentu. Ulasan juga bisa menunjukkan kelebihan dan kekurangan dari suatu karya tertentu.


 

Pengertian Teks Ulasan Menurut Para Ahli

 

  • Menurut Depdiknas

Teks ulasan adalah suatu teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Dalam pembelajaran ini peserta didik diajak untuk bersikap kritis terhadap film atau drama. Teks ulasan  bertujuan untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Tidak hanya mengandalkan pengetahuan teori saja, tetapi peserta didik dituntut untuk dapat kreatif agar dapat menghasilkan teks ulasan yang baik.

 

  • Menurut Kosasih

Teks ulasan ialah teks yang di dalamnya terdapat beberapa tafsiran, komentar, ataupun pembahasan mengenai suatu objek tertentu, yang di dalam hal ini ialah pementasan drama ataupun teater. Ulasan bisa berupa lisan ataupun tulisan, ulasan tulisan berwujud resensi yang umumnya dimuat di media masa, seperti dalam surat kabar ataupun majalah. Ulasan drama dibutuhkan untuk memberikan penilaian kepada drama yang sudah disaksikan. Bagi sebagian orang, membaca terlebih dahulu ulasan drama dari narasumber lebih mempunyai nilai lebih daripada menyaksikan tanpa membaca ulasannya terlebih dahulu.


 

Ciri – Ciri Teks Ulasan

 

  • Strukturnya terdiri dari Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
  • Mengandung informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk .
  • Opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan.
  • Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

 

Jenis – Jenis Teks Ulasan

 

  • Teks Ulasan Informatif

Jenis ini berisi gambaran singkat, umum, dan padat dari suatu karya. Resensi ini tidak menyampaikan seluruh isi suatu karya, melainkan hanya menjelaskan bagian-bagian terpenting saja dan menekankan keunggulan dan kekurangan dari karya yang tengah diulas.

 

  • Teks Ulasan Deskriptif

Jenis ini membahas secara mendetail pada tiap bagian-bagian suatu karya. Teks ulasan deskriptif biasanya dilakukan pada karya fiksi untuk mendapat gambaran yang jelas mengenai manfaat, informasi, dan kekuatan argumentatif yang diarahkan penulis di dalam suatu karya.

 

  • Teks Ulasan Kritis

Jenis ini lebih terperinci terhadap suatu karya dengan mengacu pada metode pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Resensi ini dibuat dengan sangat objektif dan kritis, bukan hanya pandangan pembuat ulasan.


 

Struktur Teks Ulasan

 

  • Orientasi ialah bagian yang berisi gambaran umum dari sebuah drama atau film yang diulas. Bagian ini menjelaskan kepada pembaca tentang latar belakang suatu karya.

 

  • Tafsiran ialah bagian yang berisi gambaran detail suatu karya yang sedang diulas. Biasanya yang diulas adalah bagian-bagian yang menarik atau unik yang membuatnya berbeda dari yang lain.

 

  • Evaluasi ialah bagian yang berisi pandangan dari orang yang mengulas suatu karya. Usahakan saat melakukan evaluasi ini data yang diberikan harus objektif atau sesuai dengan fakta yang Anda dapat ketika melakukan sebuah ulasan terhadap suatu karya.

 

  • Rangkuman ialah bagian akhir yang mengandung pendapat dari pengulas mengenai suatu karya apakah berkualitas atau tidak, apakah layak untuk ditonton atau tidak.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

 

  • Didalam teks ulasan drama ataupun film berisi tentang penonjolan unsur-unsur dari suatu karya seni yang hendak diulas.
  • Didalamnya mengandung kalimat opini/ persuasive.
  • Didalamnya juga mengandung konjungsi internal serta konjungsi eksternal.
  • Memakai ungkapan perbandingan persamaan ataupun perbedaan.
  • Memakai kata kerja material serta kata kerja relasional.

 

Tujuan Teks Ulasan

 

  • Menunjukkan pandangan atau penilaian penulis resensi terhadap suatu karya
  • Memberikan informsi kepada publik tentang kelayakan yang dimiliki suatu karya
  • Membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya
  • Memberikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau diresensi
  • Mengetahui perbandingan karyaa tersebut dengan karya lain yang sejenis
  • Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya.
  • Memberitahu dan mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang ada dalam suatu karya.
  • Memberikan pertimbangan pada pembaca apakah suatu karya tersebut layak untuk dinikmati atau tidak.
  • Memudahkan pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa.
  • Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati suatu karya.

 

Contoh Teks Ulasan

 

Novel Surat Kecil Untuk Ayah

Surat Kecil Untuk Ayah merupakan salah satu novel laris yang dibuat oleh Boy Chandra. Berkisah tentang para ayah yang selalu menyisihkan waktu untuk keluarga dan bekerja keras seolah tanpa batas. Namun, seorang ayah juga tetap manusia. Di dalam novel ini, tokoh utamanya diperankan oleh tokoh yang bernama Aku.

 

  • Tafsiran

Pada bab pertama, Boy Chandra menceritakan lelaki yang sangat dekat dengan kehidupannya. Lelaki tersebut memberikan kasih tak terkira dan selalu menghadirkan senyuman di pagi buta. Yang dimaksud lelaki tersebut adalah Ayah.

Ayah dalam novel tersebut tidak pernah lelah untuk membuat seorang anak merasa nyaman. Namun, ia tak mengenal siapa sebenarnya ayahnya.

Cerita ini diakhiri saat saudara tiri memintanya datang ke Jakarta untuk menuju ke sebuah pemakaman. Matanya nampak menangis dan turun dari mobil dengan langkah yang lamban. Genggaman tangan yang memegang bunga tersebut jatuh bersama dengan air matanya.

 

  • Evaluasi

Kelebihan dari novel ini adalah bahasa yang disajikan dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Novel ini juga melampirkan beberapa perjuangan anak, ibu dalam kehidupan nyata. Sayangnya, novel ini adalah masih ada terdapat salah tulis dan penulisan yang kurang menarik serta sulit dimengerti.

 

  • Rangkuman

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan yang ada, novel ini wajib dibaca oleh anak zaman sekarang. Buku ini mengajarkan bahwa seorang anak harus menghargai kerja keras dan ketegaran seorang ayah. Meski terkadang kita lupa bahwa ayah juga seorang manusia biasa.

 


 

Demikianlah bahasan kita mengenai teks ulasan . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Teks Ulasan : Pengertian , Ciri , Jenis , Kaidah dan Contohnya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  Pengertian Makalah,Ciri-ciri dan Jenis Makalah Secara Lengkap
Baca Juga  √ Biografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap
Baca Juga  Pengertian Kalimat Aktif Transitif , Ciri - Ciri dan Contoh Secara Lengkap
Baca Juga  Pengertian Teks Deskripsi, Ciri-Ciri ,Tujuan , Jenis dan Contohnya Terlengkap
Baca Juga  Pengertian Wawancara , Jenis , Tujuan dan Metode Wawancara Secara Lengkap