Gelombang Elektromagnetik

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang gelombang elektromagnetik. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini.

√ Gelombang Elektromagnetik : Pengertian, Sifat, Spektrum dan Manfaatnya Lengkap


Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang memancar tanpa media rambat yang membawa muatan energi listrik dan magnet (elektromagnetik). Gelombang elektromagnetik tidak membutuuhkan media rambat, tidak seperti halnya jenis gelombang yang lain. Dikarenkaan tidak memerlukan media perambatan, gelombang elektromagnetik sering dinamai radiasi elektromagnetik.


Sifat Gelombang Elektromagnetik

Bentuk dari gelombang elektromagnetik ini juga nyaris sama dengan bentuk dari gelombang transversal pada umumnya, namun pada gelombang ini juga terdapat muatan energi listrik dan magnetik dimana pada medan listrik (E) selalu tegak lurus terhadap medan magnet (B) dan keduanya bersamaan mengarah ke arah gelombang.


Sifat dari gelombang elektromagnetik ialah :

  • Tidak membutuhkan media rambat
  • Gelombang elektromagnetik Tergolong gelombang transversal dan mempunyai sifat yang sama seperti gelombang transversal
  • Gelombang elektromagnetik Tidak membawa massa, akan tetapi membawa energi
  • Pada Enegi yang dibawa sebanding dengan besar frekuensi gelombang
  • Medan listrik (E) Gelombang elektromagnetik selalu tegak lurus pada medan magnet (B) dan sefase
  • Gelombang elektromagnetik Mempunyai momentum
  • Gelombang eektromagnetik Dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung frekuensinya (atau panjang gelombangnya).

Spektrum

Berikut urutan spektrum gelombang elektromagnetik dari panjang gelombang terbesar atau frekuensi terkecil, sampai panjang gelombang terkecil atau frekuensi terbesar :


  • Gelombang Radio

Gelombang radio digunakan untuk mentransmisikan sinyal pada jarak yang sangat jauh. Contohnya, gelombang radio dipakai oleh stasiun TV, Radio, dan lainnya untuk mentransmisikan sinyal komunikasi.

Baca Juga  Jenis - Jenis Kromosom

Selain itu, gelombang radio juga dipakai oleh radar untuk pencitraan satelit ke bumi dalam pembuatan peta 3 dimensi.


  • Gelombang Mikro

Gelombang mikro ini memiliki panjang gelombang yang berbentuk beberapa cm dan frekuensi yang mendekati frekuensi resonansi alami molekul air dalam zat padat dan cairan.

Pada saat gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut.

Contohnya, gelombang mikro yang digunakan dalam microwave (oven) dan pada pesawat radar.


  • Sinar Inframerah

Sinar inframerah tidak bisa dilihat akan tetapi bisa terdeteksi diatas spektrum cahaya merah yang umumnya digunakan untuk memindahkan satu bentuk enegi yang tidak terlalu besar. Contohnya yakni pada remote dalam mentransisikan data dalam bentuk energi.


  • Cahaya Tampak

Memiliki spektrum elektromagentik yang bisa terdeteksi oleh mata manusia. Contoh sederhananya ialah penggunaan laser dalam serat optik pada bidang kedokteran dan telekomunikasi.


  • Sinar Ultraviolet

Sumber utama pemancar sinar ultraviolet merupakan matahari.


  • Sinar X

Umumnya digunakan dalam bidang kedokteran untuk menerawang organ dalam tubuh seperti tulang. Bisa juga dimanfaatkan untuk menganalisis struktur kristal.


  • Sinar Gamma

Sinar gamma terkandung frekuensi paling tinggi serta daya tembus yang paling besar. Salah satu penggunaan sinar gamma memiliki fungsi untuk mensterilkan peralatan medis.


Manfaat Gelombang Elektromagnetik

  • Sinar X memiliki panjang gelombang yang sangat pendek dan frekuensinya sangat tinggi. Sinar X juga bisa dengan mudah menembus banyak bahan yang tidak bisa ditembus oleh gelombang cahaya, dengan frekuensi yang lebih rendah yang diserap oleh bahan tersebut. sinar X umumnya digunakan di dalam dunia dokter untuk melihat organ pada tubuh, seperti tulang dalam mendiagnosa pasien. Berkat sinar X ini para dokter tak butuh melihat organ dalam tubuh pasien dengan pembedahan. Sinar X juga bisa digunakan di bandara untuk melihat isi tas/koper dari penumpang pesawat terbang, tanpaperlu untuk membuka tas/koper tersebut sehingga proses antrian bisa berlangsung cepat.
  • Gelombang mikro memiliki panjang gelombang yang berorde beberapa cm dan frekuensi yang mendekati frekuensi resonansi alami, yang terdapat pada molekul air di dalam zat padat dan juga cairan. Maka gelombang mikro dapat dengan mudah diserap oleh molekul air dalam makanan, yang menjadi mekanisme dari pemanasan di dalam pemanggangan gelombang mikro contohnya oven microwave.
  • Sinar inframerah bentuknya tidak dapat dilihat namun bisa dideteksi di atas spektrum cahaya merah, yang umumnya digunakan untuk memindahkan satu bentuk energi yang tidak terlalu besar. Sinar inframerah juga dipakai pada konsol gim atau beragam jenis remote maka pengguna tidak memerlukan media kabel apapun, untuk menstransmisikan data dalam bentuk energi.
  • Gelombang radio memiliki rentang ukuran yang cukup besar. Gelombang radio ini digunakan untuk menstransmisikan sinyal dalam jarak yang sangat jauh, yang tak bisa dicapai oleh gelombang inframerah tersebut. Akan tetapi besar energi yang ditransmisikan oleh gelombang inframerahnya. Gelombang radio umumnya digunakan pada stasiun TV, radio, dan lain sebagainya. Untuk menstranmisikan sinyal komunikasi. Gelombang radio juga digunakan untuk memberitahu posisi dari benda yang ada di atas permukaan bumi.
Baca Juga  Fungsi Resistor

Bahaya Pemanfaatan

  • Pulsa microwaves bisa memicu efek stres pada kimia syaraf otak.
  • Radiasi HP bisa mengacaukan gelombang otak, mengakibatkan sakit kepala, kelelahan, dan hilang memori. Pemakaian HP bisa menimbulkan terjadinya kanker otak.
  • Dampak negatif Wi-Fi sehubungan dengan radiasi elektromagnetik, seperti keluhan nyeri di bagian kepala, telinga, tenggorokan, dan beberapa bagian tubuh lain apabila berada dekat dengan peralatan elektronik atau menara pemancar.
    Dan lain-lain.


Demikianlah bahasan kita mengenai gelombang elektromagnetik. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Gelombang Elektromagnetik : Pengertian, Sifat, Spektrum & Manfaatnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu πŸ™‚


Baca Juga Artikel Lainnya