Pengertian Artikel ,Ciri – Ciri, Jenis ,Contoh & Tujuan Terlengkap

Diposting pada

√ Pengertian Artikel , Ciri – Ciri, Jenis ,Contoh & Tujuan Terlengkap – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id , kali ini kita membahas tentang artikel , pasti sudah sering ya kita mendengar kata artikel ,apalagi yang hobi membaca ,pasti sudah tau tentang artikel . Namun disini akan kita ulas lebih lengkap lagi dari ciri sampai ke fungsi artikel tersebut . Mari simak bahasan nya dibawah ini

 

√ Pengertian Artikel , Ciri - Ciri, Jenis ,Contoh & Tujuan Terlengkap
√ Pengertian Artikel , Ciri – Ciri, Jenis ,Contoh & Tujuan Terlengkap

 

 

Pengertian Artikel

Pengertian Artikel secara umum ialah sebuah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak (melalui koran, majalah, buletin, dsb) yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

 

Pengertian Artikel Menurut KBBI

Pengertian artikel menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

 

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

1. Al-Aqli , artikel ialah suatu tulisan yang ditulis sama seseorang atau orang-orang yang disiplin ilmu dengan pembahasan yang ditulis secara lengkap, lugas, dan tuntas sehingga yang membaca dapat menemukan inti dari karangan yang ditulis.

 

2. Ensikologipedia Pers Indonesia, artikel ialah suatu karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.

 

3. Rillan E. Wolseley , Artikel ialah sebuah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu dan juga  bertujuan  menyampaikan gagasan dan fakta yang bermaksud meyakinkan, mendidik, atau menghibur.

 

4. Andi Baso Mappatato , mengartikan artikel sebagai karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi, serta karangan tertulis yang memiliki panjang tidak menentu.

 

5. The America Heritage Desk Dictionary ,  ialah sebuah bagian tulisan non fiksi yang berbentuk bebas bagian dari penerbitan misalnya seperti laporan esai.

 

6. Webster’s Collegiate Thesaurus , didefinisikan sebagai karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran atau survey.

 

 

Ciri-Ciri Artikel

Dibawah ini merupakan ciri-ciri yang menjadi karakteristik artikel secara umum.

  1. Pada umumnya artikel dibuat secara ringkas, padat, jelas, dan tuntas.
  2. Isi yang disampaikan dalam suatu artikel harus didasari oleh fakta, bukan fiksi atau
  3. mitos yang kebenarannya masih diragukan.
  4. Artikel bersifat informatif dan faktual, menyampaikan informasi berdasarkan suatu penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Sebuah artikel dapat mengandung opini dan analisis, namun harus berdasarkan teori dan data yang valid.
  6. Penulisan artikel menggunakan bahasa baku atau resmi, serta kalimat yang lugas, logis, denotatif, dan efektif.
  7. Metode penulisan artikel dibuat secara sistematis sehingga pembaca dapat mengerti isinya dengan mudah.

 

 

jenis-Jenis Artikel

Dilihat dari isinya, artikel memiliki 5 jenis . Berikut ini pengertian jenis dan contoh nya :

  1. Narasi ialah cerita yg berisi dari suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi dengan jelas dan informatif, bisa juga berupa karya narasi fiksi.

Contoh narasi yang berisi fakta: biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman.

Contoh narasi dalam bentuk fiksi: novel, cerpen, cerbung, atau komik.

     

   2. Deskripsi ialah suatu  gambaran mengenai objek atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakannya.

Contoh deskripsi berisi fakta:

Hampir seluruh pelosok Mentawai indah. Ada empat kabupaten di padang pasir. Hutan-hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan berbagai jenis anggrek dan fauna yang hanya bisa kita temui di Mentawai.

Contoh deskripsi berupa fiksi:

salju, rumput tipis, berkilau diseling putih orange; bayangan matahari terbenam memantul. Angin awal musim dingin berhembus dingin, bermain sisa daun gugur dan bulu coklat melompat menderaikan dari satu cabang ke cabang lain.

     

     3. Argumentasi ialah bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data dan fakta ilmiah sebagai alasan atau buktinya.

contoh argumentasi :

Kepahlawanan harus selalu dikembangkan sebagai heroik. Agar pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Kepahlawanan juga akan berkembang menjadi suatu nilai-nilai kepribadian luhur, berjiwa, bertanggung jawab, berdedikasi tinggi, loyal, tangguh, dan kasih kepada sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

     

     4. Persuasi ialah  bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu yang baik ,bisa berupa ajakan atau himbauan terhadap sebuah teori.

contoh Persuasi :

Masalah lingkungan bukan menjadi masalah pemerintah saja, melainkan masalah kita semua . Karena itu semua orang wajib untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Banyak sekali dampak buruk yang yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan, contohnya seperti tanah longsor, banjir bandang, kebakaran hutan, kabut asap dan lain sebagainya. Untuk itu jagalah kelestarian alam dan lingkungan yang ada di sekitar kita.

     

     5. Eksposisi ialah berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca.

contoh eksposisi :
Pisang merupakan salah satu tumbuhan yang sudah biasa tumbuh di sekitar rumah warga. Pisang biasa diambil buahnya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, C), mineral (kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan besi) serta karbohidrat. Selain buahnya, seluruh komponen pisang dari daun, jantung, hati, bonggol, bahkan kulit pisang memiliki manfaat bagi kesehatan.

 

Tujuan dan Manfaat Artikel

  1. Sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan penulis kepada masyarakat.
  2. Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  3. Membantu penulis untuk berpikir secara sistematis dan melatih penggunaan
  4. bahasa secara baik dan teratur.
  5. Membantu penulis untuk memahami tujuan menulis sehingga diharapkan
  6. memiliki komptensi dalam menulis artikel.
  7. Cara untuk menjelaskan atau membahas suatu masalah sesuai dengan bidang ilmu tertentu.
  8. Memberikan dampak akademis kepada penulis artikel.

 

Demikian bahasan kita ,terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir disini dalam bahasan  √ Pengertian Artikel , Ciri – Ciri, Jenis ,Contoh & Tujuan Terlengkap , semoga bermanfaat dan menambah wawasan 🙂

 

Baca Juga Artikel

Baca Juga  Pengertian Cerpen,Ciri-Ciri,Struktur,Unsur dan Fungsi Terlengkap
Baca Juga  √ Mulut : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Terlengkap
Baca Juga  √ Essay : Pengertian, Contoh & Cara Membuatnya Lengkap
Baca Juga  √ Sistem Ekskresi Pada Manusia dan Penjelasannya Lengkap
Baca Juga  Pengertian Kata Pengantar , Unsur dan Contoh Secara Lengkap