Administrasi Bisnis (Niaga)

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Administrasi Bisnis (Niaga). Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Administrasi Bisnis (Niaga)


Pengertian Administrasi Bisnis (Niaga)

Administrasi Bisnis (Niaga) adalah salah satu ilmu sosial yang dapat mempelajari mengenai suatu proses kerjasama antara dua orang atau lebih dalam upaya untuk dapat mencapai tujuan tertentu. Administrasi bisnis juga dapat dikatakan sebagai ilmu yang berfokus pada perilaku manusia.

 


Pengertian Administrasi Bisnis Menurut Para Ahli

1. Menurut Sheldo dan Urwik
Administrasi bisnis (Niaga) adalah salah satu kegiatan industri yang dapat berkaitan dengan penetapan suatu kebijakan perusahaan, keuangan, koordinasi produksi dan distribusi, penentuan arah organisasi dan kontrol tertinggi dari sebuah eksekutif.


2. Menurut Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo
Administrasi bisnis (Niaga) adalah suatu bentuk kegiatan yang didalamnya terdapat organisasi niaga secara keseluruhan dan mengejar targetnya hingga tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat bisnis objektif. Administrasi Niaga tersebut dapat dijalankan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga.


3. Menurut Y. Wayong
Administrasi bisnis (Niaga) adalah suatu bentuk dari keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang dan jasa sampai pendistribusian jasa tersebut yang akhirnya sampai ditangan konsumen.


4. Menurut Sudarno W. Rintatik
Administrasi bisnis (niaga) adalah salah satu alat menajemen, penilaian, dan alat bukti pertanggung-jawaban para wira-usahawan dalam kegiatan usahanya kepada atasannya.

 


Ciri – Ciri Administrasi Bisnis (Niaga)

a. Mempunyai tujuan
Aktivitas administrasi bisnis (niaga) bertujuan untuk mencapai tujuan yang jelas. Untuk itu dibutuhkan dibutuhkan prasarana dan tenaga kerja yang kompeten untuk mengisi bagian administrasi suatu perusahaan.

Baca Juga  Persekutuan Komanditer (CV)

b. Ada proses dan usaha
Administrasi bisnis (niaga) dapat terjadi jika ada proses bisnis atau niaga di dalamnya. Proses bisnis atau niaga akan menghasilkan data yang harus dikumpulkan dan dikelola. Selain itu, proses bisnis atau niaga juga melibatkan hal-hal lain, yaitu kebutuhan surat komersial, data karyawan, agenda, dan lain-lain. Oleh karena hal tersebutlah administrasi bisnis (niaga) memiliki peran yang sangat besar dalam operasi bisnis (niaga).


c. Terdiri dari dua orang atau lebih
Kegiatan administrasi bisnis (niaga) pada umumnya dikelola oleh beberapa orang, tergantung dari skala usahanya. Semakin perusahaan tersebut besar maka akan membutuhkan semakin banyak staf administrasi.


d. Terjadi kolaborasi
Administrasi bisnis (niaga) membutuhkan kerja sama yang baik dengan pihak terkait. Kolaborasi tersebut harus didasarkan pada kesadaran bahwa masing-masing pihak saling membutuhkan dalam usahanya mencapai tujuan bersama. Kolaborasi yang solid dapat meningkatkan kinerja dan hasil maksimal.

 


Tujuan Administrasi Bisnis

Tujuan administrasi bisnis (Niaga) adalah untuk dapat membangun kerjasama yang baik hingga saling dapat menguntungkan antara dua orang atau lebih dengan dapat memanfaatkan dan memperdayakan segala sumber daya yang ada agar dapat lebih teratur.

 


Ruang Lingkup Administrasi Bisnis (Niaga)

1. Menurut Drs. Soekarno

  • Administrasi perusahaan
  • Administrasi non-perusahaan

2. Menurut Sondang P. Siagan

  • Hubungan Industri
  • Manjemen
  • Manajemen produksi
  • Manajemen lalu lintas
  • Pendidikan bisnis

3. Menurut Prayudi Atmosudidjo

  • Sejarah administrasi
  • Organisasi
  • Filosofi administrasi
  • Administrasi
  • Pengelolaan
  • Ensiklopedia administratif

4. Menurut The Liang Gie

  • Administrasi produksi
  • Administrasi periklanan
  • Administrasi Perhotelan
  • Pasar administrasi
  • Administrasi transportasi
  • Administrasi Penjualan
  • Administrasi perbankan

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Administrasi Bisnis (Niaga) : Pengertian, Ciri & Ruang Lingkupnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga  Manajemen Keuangan

Baca Juga Artikel :