Etika Bisnis

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Etika Bisnis. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Etika Bisnis


Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis adalah suatu bentuk pedoman dalam menentukan pilihan benar atau tidaknya suatu tindakan yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis. Etika bisnis dapat dibuat di dalam proses bisnis agar mengetahui mana kegiatan/aktivitas yang menyimpang dan mana yang benar.

 


Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

1. Bertens

Etika bisnis adalah suatu standar yang dapat dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan ketetapan hukum, karena dalam berbisnis biasanya ditemukan wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum.


2. Steade Et Al

Etika bisnis adalah standar etika yang memiliki keterkaitan dengan cara dan tujuan dalam menentukan keputusan bisnis.


3. Velasques

Etika bisnis adalah sebuah studi yang khusus mempelajari mengenai moral yang benar dan yang salah. Studi ini dapat difokuskan pada standar moral yang telah disepakati dan diterapkan oleh kedua belah pihak dalam setiap kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.


4. Hill dan Jones

Etika bisnis adalah suatu bentuk ajaran untuk dapat membedakan antara salah dan benar. Hal tersebut dapat memberikan dampak yang positif berupa pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.


5. Budi Untung

Etika bisnis adalah suatu pengetahuan mengenai tata cara yang ideal terhadap pengelolaan dan pengaturan bisnis yang harus dapat memperhatikan moralitas dan norma yang ada dan dikenali secara universal.

Baca Juga  Persekutuan Komanditer (CV)

6. Sumarni

Etika bisnis ini berhubungan dengan masalah penilaian terhadap kegiatan atau aktivitas dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran dalam berbisnis atau berusaha.


7. Simmerer

Etika bisnis adalah suatu kode etik prilaku pengusaha bedasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntunan dalam membuat keputusan dan memecahkan persoalan.


8. Sim

Etika Bisnis dapat berkarakter dalam penyampaian integritas moral dan nilai-nilai yang konsisten dalam pelayanan terhadap masyarakat.

 


Tujuan Etika Bisnis

  • Meningkatkan kesadaran moral serta membuat batasan-batasan bagi para pelaku bisnis sehingga dapat menjalankan good business.
  • Memahami dan menerapkan etika dalam menjalankan bisnis dengan baik sehingga akan berdampak baik untuk perusahaan. Contohnya: Akan membawa perusahaan ke arah manajemen bisnis yang baik sehingga memiliki citra yang baik di mata semua orang.

 


Manfaat Etika Bisnis

  • Karyawan dalam suatu perusahaan akan merasa betah dalam bekerja
  • Menjadikan perusahaan sebagai perusahaan bermutu
  • Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan
  • Menarik pelanggan baru untuk membeli produk
  • Menarik perhatian para investor

 


Prinsip Etika Bisnis

  • Prinsip Keadilan

Prinsip etika bisnis ini mewajibkan pelaku bisnis diperlakukan secara adil dan disesuaikan dengan kriteria rasional.

  • Prinsip Integritas Moral

Prinsip etika yang harus dijalankan dan dijaga untuk mempertahankan nama baik perusahaannya. Pelaku bisnis harus mampu mengelola dan menjalankan bisnisnya dengan sebaik mungkin agar kepercayaan konsumen.

  •  Prinsip Kejujuran

Prinsip Kejujuran yang paling hakiki dalam aplikasi bisnis berdasarkan kejujuran ini terutama dalam pemakai kejujuran terhadap dirinya sedniri.

  • Prinsip Saling Memberi Keuntungan

Pelaku bisnis harus menjalankan usahanya dengan sebaik mungkin dengan tujuan agar masing-masing pihak yang berhubungan mendapatkan keuntungan.

  • Prinsip Tidak Berniat Jahat

Prinsip ini dapat saling berkaitan erat dengan prinsip kejujuran karena suatu penerapan prinsip kejujuran yang ketat akan mampu meredam niat jahat yang akan timbul di perusahaan itu sendiri.

Baca Juga  Hukum Perdata

 


Contoh Etika Bisnis

  • Katakan Terima Kasih

Kata “Terima Kasih” merupakan kata yang sederhana tetapi memiliki dampak besar pada banyak orang.

  • Tuan Rumah Bayar Tagihan

Tidak jarang pertemuan dengan mitra bisnis dilakukan di luar, misalnya mengundang mitra bisnis untuk makan siang bersama di sebuah restoran.

  • Sebutkan Nama

Pengusaha harusnya menyebutkan nama seseorang secara penuh ketika bertemu atau berkomunikasi dengan orang baru, seperti calon mitra bisnis. Ini adalah salh satu cara sederhana yang biasanya dilakukan oleh pengusaha yang memiliki etika yang baik.

  • Berdiri Saat Berkenalan

Berdiri ketika Anda berkenalan, seseorang akan merasa diperlakukan dengan baik. Namun juga, kita harus melihat situasinya.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Prinsip & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :