Akuntansi Manajemen

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Akuntansi Manajemen. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Akuntansi Manajemen


Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah salah satu bidang akuntansi yang memiliki tujuan untuk dapat menyajikan laporan-laporan yang dapat digunakan oleh kepentingan pihak internal perusahaan untuk dapat melaksanakan suatu proses manajemen yang terdiri dari sebuah perencanaan, pengendalian, pengorganisasian dan pengarahan.

 


Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

1. Menurut Budiyanti dan Irma (2016:3)
Akuntansi manajemen yakni sebuah akuntansi yang dapat menyediakan data dan informasi untuk pihak internal khususnya manajer di semua aras (level) dalam satu organisasi. Manajer membutuhkan data untuk memastikan divisi yang menjadi tanggung jawabnya bekerja sesuai dengan harapan dan selaras dengan tujuan utama organisasi.


2. Menurut Horngren (1993)
Akuntansi manajemen yakni suatu proses yang dilakukan dengan cara mengindentifikasi, mengukur, mengakumulasi, menganalisis, menyiapkan, menafsirkan, dan mengomunikasikan suatu informasi yang dapat membantu setiap jajaran eksekutif dalam mencapai tujuan suatu organisasi.


3. Menurut Mulyadi (2000:2)
Akutansi manajemen yakni suatu informasi keuangan yang dapat diperoleh dari tipe akutansi manajemen, yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna intern dari suatu entitas dalam pengambilan keputusan perusahaan.


4. Menurut CIMA (Chartered Institute of Management Accountants)
Akuntansi manajemen yakni suatu proses kegiatan yang dilakukan dengan cara identifikasi, pengukuran, analisis, penyiapan/penyusunan, interpretasi, dan komunikasi suatu informasi yang dipakai oleh pihak manajemen dalam menerapkan fungsi manajemen sehingga mampu menghasilkan suatu keputusan manajemen.

Baca Juga  Akuntansi Keuangan

5. Halim dan Supomo (2000:3)
Akuntansi manajemen yakni suatu proses kegiatan yang dapat menghasilkan sebuah informasi keuangan untuk digunakan para manajer sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi manajemen perusahaan.

 


Fungsi Akuntansi Manajemen

1. Top Manajemen
Top manajemen seringnya membutuhkan data dan informasi tersebut dalam rangka untuk pengambilan keputusan dan kebijakan strategis perusahaan. Seperti ekspansi usaha, penyusunan anggaran, diversifikasi produk, dan kebijakan investasi.


2. Manajer Keuangan
Manajer keuangan biasanya akan membutuhkan informasi mengenai aktifitas keuangan perusahaan (modal kerja, biaya-biaya, tingkat pengembalian investasi, pengembalian modal, dan rasio keuangan.


3. Manajer Produksi
Manajer produksi biasanya akan membutuhkan suatu informasi terkait rincian biaya bahan pokok atau HPP (Cost of Good Sold). Seperti biaya per unit produk, biaya tenaga kerja langsung: biaya overhead, dan total keseluruhan biaya produksi yang biasanya digunakan untuk memperhitungkan biaya produksi dimasa mendatang.


4. Manajer Pemasaran
Manajer pemasaran biasanya akan membutuhkan suatu informasi yang terkait dalam suatu komponen biaya agar dapat menetapkan harga jual produk, sistem penjualan (kredit atau tunai), biaya komisi penjualan, biaya marketing fee, dan informasi mengenai potongan harga terhadap produk tertentu dengan begitu perusahaan mampu meningkatkan volume penjualan secara bertahap.

 


Tujuan Akuntansi Manajemen

  1. Acuan operasional atau usaha sehari-hari agar mampu mendapatkan sistem kerja yang efektif dan efisien di dalam kegiatan perusahaan.
  2. Mampu menyediakan informasi yang bersifat mengendalikan serta merencanakan.
  3. Membantu pebisnis dalam menyusun perencanaan/penganggaran yang efektif.
  4. Menyediakan keperluan mengenai informasi yang diperlukan.

 


Manfaat Akuntansi Manajemen

  1. Memudahkan dalam pengambilan suatu keputusan bisnis
  2. Memudahkan mendapatkan sumber data dan informasi yang relevan
  3. Memudahkan identifikasi masalah bisnis
  4. Memprediksi bisnis di masa yang akan datang
  5. Melakukan perencanaan dan pengendalian kinerja perusahaan
Baca Juga  Akuntansi Biaya

 


Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen merupakan salah satu dari bagian akuntansi yang dapat mengolah data keuangan dan memberikan informasi kepada manager untuk dapat membuat rencana dan kemudian menghasilkan suatu keputusan dan mengontrol  jalannya kegiatan dengan baik dan lancar.

Proses sebuah akuntansi manajemen harus juga sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi ialah dari identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, prepare, interpretasi dan pengendalian terhadap jalannya kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.

Menurut The American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) ruang lingkup akuntansi manajemen terdapat 3, yaitu:

1. Manajemen Risiko
Manajemen Risiko bertujuan untuk dapat menciptakan kerangka kerja terkait praktik identifikasi, pengukuran, pengelolaan, dan pelaporan risiko bisnis dalam mencapai tujuan perusahaan.

2. Manajemen Strategi
Manajemen strategi bertujuan untuk dapat memajukan peran dari akuntan manajemen sebagai mitra penting (baca: strategis) dalam organisasi.

3. Manajemen Kinerja
Manajemen kinerja bertujuan untuk dapat mengembangkan praktik dalam pengambilan keputusan suatu organisasi.

 


Proses Akuntansi Manajemen

  • Proses Perencanaan

Proses Perencanaan dapat dilakukan oleh Manajemen Perusahaan dengan cara menentukan tujuan serta mengidentifikasikan strategi dan metode untuk mencapai tujuan yang diinginkan.


  • Proses Pengorganisasian

Proses Pengorganisasian dilakukan oleh Manajemen Perusahaan dengan cara pengaturan sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan untuk mencapai tujuan dan strategi yang telah ditetapkan, termasuk didalamnya mengembangkan struktur perusahaan dengan tujuan untuk membagi tanggung jawab, tugas dan wewenang pada masing-masing divisi atau bagian dalam perusahaan.


  • Proses Pengendalian

Proses Pengendalian berfungsi untuk dapat memastikan tercapainya suatu tujuan perusahaan.


  • Proses Pengarahan dan Pemberian Motivasi

Proses Pengarahan dan Pemberian Motivasi (directing/leading) dilakukan oleh Manajemen Perusahaan dengan cara melibatkan aktivitas operasional dari hari ke hari untuk menjaga kelancaran aktivitas perusahaan.

Baca Juga  Siklus Akuntansi

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Akuntansi Manajemen : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Proses & Ruang Lingkupnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :