Akuntansi Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Akuntansi. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Akuntansi


Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang seni dan teknik untuk mengukur, menjabarkan serta memberikan sebuah kepastian dari beberapa informasi akuntansi yang berguna untuk dijadikan sebagai suatu landasan utama bagi para pemakai akuntansi seperti manajer, akuntan, auditor untuk menghasilkan sebuah kepastian sebelum mengambil suatu keputusan.


Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

1. Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)
Akuntansi yakni sebuah seni dalam melakukan pencatatan transaksi, penggolongan dan pengikhtisaran yang bersifat dalam bentuk keuangan yang biasanya terjadi melalui transaksi-transaksi yang ada di dalam perusahaan tersebut.


2. Menurut C. West Churman
Akuntansi yakni suatu pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.


3. Menurut Glen C. Arnold
Akuntansi yakni suatu sistem untuk dapat memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus dapat melakukan pengambilan keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.


4. Menurut Sofyan Harahap (2005)
Akuntansi yakni suatu proses dalam melakukan identifikasi, mengukur, serta menyampaikan informasi keuangan ekonomi sebagai bahan dasar informasi untuk dapat mempertimbangkan para investor dalam melakukan investasi di perusahaan dan dapat melakukan pengambilan keputusan untuk para manajer.


5. Menurut Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller
Akuntansi yakniproses dalam melakukan suatu pengindentifikasian, pengukuran dan juga pengkomunikasian informasi ekonomi supaya dapat memungkinkan para penggunanya dalam membuat keputusan untuk perusahaan di masa mendatang.

Baca Juga  Akuntansi Manajemen


Jenis – Jenis Akuntansi

  • Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak mempunyai suatu tujuan untuk dapat mengurusi perpajakan, sehingga dapat meminimalisasir pajak yang harus dibayarkan perusahaan tanpa menyalahi aturan yang berlaku dalam aturan perpajakan yang sudah ditetapkan.


  • Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan adalah suatu ilmu mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti utang (kewajiban), modal (ekuitas), ataupun perubahan aset perusahaan.


  • Akuntansi Anggaran

Akuntansi anggaran ini mempelajari penyusunan budget atau pengeluaran dari sebuah perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran yang aktual.


  • Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya memiliki suatu tujuan yaitu untuk dapat mengefisensi biaya produksi ataupun biaya-biaya yang lain sehingga perusahaan dapat meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan saat melakukan produksi suatu barang.


  • Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen yaitu dapat memberikan data real kepada pihak internal perusahaan (manajemen) untuk menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya, sehingga mampu memberikan solusi dalam pengambilan suatu keputusan perusahaan.


Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan ini biasanya sering dikenal dengan istilah Persamaan Akuntansi, yaitu:

Aset = Liabilitas + Ekuitas


Fungsi Akuntansi

  • Menjaga sumber daya perusahaan
  • Membuat analisis dan menafsirkannya dalam bentuk data keuangan perusahaan.
  • Digunakan sebagai suatu bahasa perusahaan dalam memberikan informasi berupa data-data keuangan yang digunakan untuk pengambilan keputusan untuk perusahaan.
  • Menjadi dasar perhitungan pajak dan untuk menentukan kebijakan manajemen perusahaan.
  • Mengetahui jumlah modal yang dimiliki perusahaan dan perkembangan perusahaan pada periode tertentu


Manfaat Akuntansi

  • Sebagai Alat Pertanggungjawaban

Dijadikan sebagai bukti keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, semua biaya operasional yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan karena sudah tertulis dan tercatat secara detail.


  • Menyediakan Informasi Keuangan

Menyediakan informasi keuangan pada pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi keuangan sangat dibutuhkan sebagai bahan pengambilan keputusan serta untuk membuat langkah rencana bisnis di masa mendatang.

Baca Juga  Siklus Akuntansi

  • Untuk Mengontrol Keuangan Perusahaan

Akuntansi dapat memberikan suatu informasi dalam melakukan pengelolaan dana seperti laba yang diterima dan kerugian yang di alami oleh perusahaan, secara tidak langsung berfungsi sebagai alat pengendali keuangan perusahaan agar dapat meminimalisir terjadinya rugi pada perusahaan.


  • Dijadikan Sebagai Bentuk Laporan pada Pihak Eksternal

Selain pada pihak internal, laporan keuangan juga penting ditujukan pada pihak eksternal terkait, misalnya investor atau rekan bisnis. Tujuannya ditunjukannya kepada pihak eksternal agar adanya transparansi keuangan perusahaan.


  • Sebagai Bahan Evaluasi dan Pengambilan Keputusan

Untuk dapat merefleksikan penggunaan budget dan kas keuangan, yang nantinya digunakan untuk bahan dalam pengambilan suatu keputusan untuk masa mendatang agar lebih terarah.


Tujuan Akuntansi

1. Tujuan Akuntansi Bagi Perusahaan
Tujuan utamanya yaitu untuk dapat memberikan suatu informasi laporan keuangan pada pihak-pihak terkait. Pelaporan ini akan menimbulkan kesan bahwa perusahaan tersebut dikelola dengan baik dan dilakukan secara transparasi sehingga menciptakan iklim investasi yang baik.


2. Tujuan Akuntansi Bagi Pemerintah
Tujuan akuntansi bagi pemerintah penting untuk dapat memeriksa perusahaan atau praktek bisnis yang ada di bawah otoritasnya. Melalui perusahaan pemerintah agar dapat mengecek laporan keuangan perusahaan serta memastikan bahwa sumber dana perusahaan legal dan tidak terjadi pelanggaran hukum.


3. Tujuan Akuntansi Bagi Investor
Tujuan akuntansi bagi investor penting untuk mendapatkan suatu informasi laporan perusahaan atau instansi terkait. Hal ini dibuat agar dapat mencegah adanya penipuan atau praktek bisnis yang salah, sehingga investor dapat melakukan investasi di perusahaan yang tepat dan investor akan terus menerus melakukan investasi di dalam perusahaan tersebut.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Akuntansi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, Jenis & Persamaan Dasarnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga  Akuntansi Keuangan

Baca Juga Artikel :